Chaniago, Annisa Rahma Dieni (2022) Pengembangan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pengamatan Perkembangan Embrio Ayam. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
Abstract
Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi masih bersifat sederhana dan belum mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakan praktikum mandiri sehingga mahasiswa kurang aktif dalam melakukan kegiatan praktikum. Perlu adanya pengembangan panduan praktikum yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan diperlukannya pembaruan informasi dari panduan praktikum yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan kelayakan panduan praktikum perkembangan hewan berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi pengamatan perkembangan embrio ayam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahapan prosedur pengembangan, yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi, media dan respon mahasiswa. Subjek uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang mengambil matakuliah praktikum perkembangan hewan. Hasil pengembangan tahap define mahasiswa mengalami kendala dalam melaksanakan praktikum pada materi pengamatan perkembangan embrio ayam. Pada tahap design, panduan dirancang dengan menyesuaikan komponen sintaks keterampilan proses sains. Pada tahap develop, hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor sebesar 86,67% dengan kriteria sangat layak. Validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh skor sebesar 94% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil ujicoba pada mahasiswa skala besar kecil diperoleh 85,08%, dan pada sekala besar diperoleh skor sebesar 85,23% dengan kriteria “sangat layak”. Tahap disseminate, dilakukan sebatas tahap ujicoba kelompok besar pada mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi perkembangan embrio ayam dinyatakan layak untuk digunakan sebagai panduan praktikum perkembangan hewan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panduan Praktikum, Keterampilan Proses Sains (KPS), Materi perkembangan embrio, Embriogenesis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | CHANIAGO |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 06:50 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |