PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI REGENERASI

ANGGRAINI, NOVIA (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI REGENERASI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (310kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Anggraini Novia. 2021. Pengembangan Panduan Praktikum Perkembangan Hewan Berbasis Project Based Learning Pada Materi Regenerasi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Jodion Siburian, M.Si; (2) Winda Dwi Kartika, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Panduan Praktikum, Project Based Learning, Regenerasi Panduan praktikum perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi belum berbasis project based learning sehingga mahasiswa kurang aktif dalam melakukan kegiatan praktikum. Perlu adanya pengembangan panduan praktikum yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan diperlukannya pembaruan informasi dari panduan praktikum yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa dan mengetahui kelayakan panduan praktikum perkembangan hewan berbasis project based learning pada materi regenerasi. Jenis penelitian ini merupakan Research and development atau R&D dengan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi, media dan respon mahasiswa. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang sedang mengambil Matakuliah Praktikum Perkembangan Hewan. Hasil pengembangan pada tahap define mahasiswa mengalami kendala dalam melaksanakan praktikum pada materi regenerasi. Pada tahap design, panduan praktikum dirancang dengan komponen panduan disesesuaikan dengan sintaks project based learning. Tahap develop, Hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh persentase sebesar 84,34% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh persentase sebesar 86% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil ujicoba pada mahasiswa skala kecil diperoleh persentase sebesar 83,51% dengan kriteria “baik” dan hasil ujicoba pada mahasiswa skala besar diperoleh persentase sebesar 87,58% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate diperoleh produk berupa panduan praktikum perkembangan hewan berbasis project based learning pada materi regenerasi. Panduan praktikum ini layak untuk digunakan oleh mahasiswa dalam Matakuliah Praktikum Perkembangan Hewan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panduan praktikum, project based learning, regenerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:47
Last Modified: 21 Feb 2022 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31397

Actions (login required)

View Item View Item