PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR

MIZWAR, KHOIRUL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD PADA TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL KELAS III SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH A1D113005.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Mizwar, Khoirul. 2018, “Pengembangan Media Pembelajaran flashcard pada tema peduli lingkungan sosial kelas III Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd, (II) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd Kata kunci : Pengembangan media flashcard, tema peduli lingkungan sosial Media sangat penting digunakan karena media pembelajaran dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif, di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. pada pembelajaran tema 4 peduli lingkungan sosial keterbatasan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menerangkan pembelajaran di dalam kelas membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan. Maka dapat diatasi dengan mengembangkan media pembelajaran flashcard. Karena, dengan adanya media pembelajaran flashcard, guru dapat menggunakannya dalam proses belajar-mengajar agar mempermudah peserta didik memahami tema 4 peduli lingkungan sosial. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran flashcard, mengetahui kelayakan media pembelajaran flashcard yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menghasilkan media flashcard sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi peserta didik agar dapat berperan aktif, serta memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami tema 4 peduli lingkungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard ini layak untuk di ujicoba tanpa revisi berdasarkan hasil validasi akhir yang telah dilakukan oleh para ahli media yang menyatakan layak diujicobakan dengan tingkat kevalidan 90% dan ahli materi menyatakan layak di ujicobakan dengan tingkat kevalidan 94%. Berdasarkan hasil praktikalitas yang telah dilakukan dengan ujicoba di kelas dan hasil wawancara didapatkan hasil bahwa media flashcard yang dikembangkan dapat menarik perhatian peserta didik sehingga dapat memahami materi pembelajaran pada tema peduli lingkungan sosial kelas III sekolah dasar. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media flashcard yang dikembangkan dapat digunakan sebagai instrumen penunjang pembelajaran pada tema peduli lingkungan sosial dan memiliki kemenarikkan dalam pembelajaran. Disarankan untuk penelitian pengembangan berikutnya agar dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih bervariasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Khoirul Mizwar
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:09
Last Modified: 02 Feb 2018 08:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3143

Actions (login required)

View Item View Item