Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Peljaran 2017-2018

PRASETYA, THOMAS Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Peljaran 2017-2018. Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Peljaran 2017-2018. (Submitted)

[img] Text
artikel Thomas.pdf

Download (336kB)

Abstract

ABSTRAK Prasetya, Thomas. 2017. Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2017-2018: Skripsi, jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Aripudin, M. Hum, Pembimbing (II) Drs. Andiopenta Purba, M. Hum, M. Div Kata Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerita Pendek Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi pada Oktober 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data penelitian ini berupa kemampuan menetapkan tema, menetapkan tokoh dan penokohan, menentukan alur, menentukan latar, menyampaikan amanat, menggunakan sudut pandang, dan penggunaan gaya bahasa siswa SMP Negeri 30 Muaro Jambi menulis cerita pendek dan sumber data yaitu cerita pendek yang ditulis oleh siswa SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan berupa tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IX A SMP Negeri 30 Muaro Jambi dalam kriteria cukup mampu dengan nilai 65. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menetapkan unsur tema dengan nilai 64 dengan kriteria cukup mampu, tokoh dan penokohan dengan nilai 68 dengan kriteria cukup mampu, alur dengan nilai 72 dengan kriteria cukup mampu, latar dengan nilai 76 dengan kriteria mampu, amanat dengan nilai 55 dengan kriteria kurang mampu, sudut pandang dengan nilai 70 dalam kriteria cukup mampu dan gaya bahasa dengan nilai 50 dengan krteria kurang mampu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disarankan kepada guru hendaknya dalam pembelajaran cerita pendek guru harus terfokus pada materi tentang amanat dan gaya bahasa karena kedua unsur tersebut berada dalam kriteria kurang mampu sedangkan untuk unsur tema, alur, tokoh dan penokahan, sudut pandang perlu ditingkatkan lagi karena berada dalam kriteria cukup mampu.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: THOMAS PRASETYA
Date Deposited: 02 Feb 2018 07:33
Last Modified: 02 Feb 2018 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item