Fikri, Khusnul (2022) MODEL MEDIASI DAN MODERASI PADA PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI SWASTA DI PROVINSI JAMBI DAN RIAU. S3 thesis, Doktor Ekonomi.
![]() |
Text
Cover.docx Download (57kB) |
![]() |
Text
Persetujuan.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual pengaruh empowering leadership dan profesionalisme terhadap kinerja dosen dengan menawarkan motivasi kerja sebagai variabel mediasi dan moderasi serta selfefficacy dan locus of control sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 317 orang/responden, kuesioner dikirim melalui Google Form ke email institusi kemudian diteruskan kepada dosen sebagai responden, teknik analisis data menggunakan SEM-PLS dengan bantuan aplikasi WarpPLS 7.0. Temuan dalam penelitian ini: (1) Empowering leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen; (2) Profesionalisme berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja dosen; (3) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen; (4) Motivasi kerja memediasi sebagian (partial mediation) pengaruh empowering leadership terhadap kinerja dosen; (5) Motivasi kerja memediasi penuh (full mediation) pengaruh profesionalisme terhadap kinerja dosen; (6) Motivasi tidak mampu menguatkan pengaruh empowering leadership terhadap kinerja dosen namun tidak signifikan; (7) Motivasi kerja mampu menguatkan pengaruh profesionalisme terhadap kinerja dosen secara signifikan; (8) Self-efficacy tidak mampu menguatkan pengaruh empowering leadership terhadap kinerja dosen namun tidak signifikan; (9) Locus of control mampu menguatkan pengaruh profesionalisme terhadap kinerja dosen namun tidak signifikan. Semua temuan penelitian telah dipenuhi syarat yang harus dipenuhi dalam model SEM-PLS terutama model fit dan quality indece
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | FIKRI |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 06:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |