Dampak Perundungan (Bullying) Verbal Terhadap Empati Korban Pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi

maulany, ledita (2022) Dampak Perundungan (Bullying) Verbal Terhadap Empati Korban Pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
7. daftar pustaka.pdf

Download (795kB)
[img] Text
6. bab V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
5. bab I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
3. halaman pengesahan.pdf

Download (230kB)
[img] Text
2. cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4.abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
1. full text skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perilaku perundungan (bullying) verbal pada siswa seperti diejek karena memiliki fisik yang terlalu gemuk atau terlalu kurus, diolok-olok karena kurang pintar, dan lain sebagainya. Selanjutnya fenomena empati di lapangan ditemukan siswa dengan sikap tidak peduli terhadap kesulitan orang lain, merasa rendah diri dari orang lain, dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase perundungan (bullying) verbal dan persentase empati, serta untuk mengetahui dampak perundungan (bullying) verbal terhadap empati korban. Perilaku perundungan (bullying) verbal yang terjadi dapat dikaitkan dengan berhasil atau tidaknya tugas perkembangan seorang individu dalam hal memahami dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, atau yang disebut dengan empati. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah korban perundungan (bullying) verbal, empati korban, dan hanya dilakukan pada siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metodologi ex-post facto. Jumlah populasi sebanyak 54 siswa, penarikan sampel yang digunakan adalah sampling total. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner. Setelah angket terkumpul, teknik analisis data menggunakan analisis, angket, uji statistik t, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persentase untuk variabel perundungan (bullying) verbal adalah sebesar 58,87% dengan frekuensi kadang-kadang. Sedangkan persentase untuk variabel empati adalah sebesar 62,04% dengan frekuensi sering. Nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan t hitung 6,277 > 1,674. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dampak perundungan (bullying) verbal terhadap empati korban memiliki arah atau bersifat positif. Berdasarkan hasil keseluruhan dalam penelitian ini, diharapkan pihak sekolah untuk dapat berperan aktif dalam memberikan sosialisasi dan mengingatkan anak tentang bahaya perundungan (bullying) verbal, serta pentingnya memiliki rasa empati yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Kata kunci: Perundungan (Bullying) Verbal, Empati

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perundungan (Bullying) Verbal, Empati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MAULANY
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:25
Last Modified: 16 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31531

Actions (login required)

View Item View Item