Ernawati, M Dwi Wiwik and minarni, minarni and Syahri, Wilda and Asrial, Asrial (2021) WORKSHOP MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT PINANG MASAK, 2 (2). pp. 62-71. ISSN 2747-0458
![]() |
Text
15369-Article Text-45767-1-10-20211231.pdf Download (407kB) |
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui kemampuan awal konsep green chemistry mahasiswa kimia lingkungan semester VI Prodi Kimia FKIP Uniersitas Mataram. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan dari pengembangan modul praktikum kimia lingkungan berbasis green chemistry untuk meningkatkan kereativitas mahasiswa. Jenis penelitian adalah deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal konsep green chemistry mahasiswa Prodi Kimia FKIP Unram. Konsep awal yang diamati meliputi 12 prinsip green chemistry. Tes kemampuan awal ini disusun berjumlah dua belas butir soal. Kemampuan awal konsep green chemistry yang dianalisis merupakan kemampuan awal mahasiswa sebelum diterapkan suatu perlakuan yang diduga dapat mengembangkan kereativitas mahasiswa dalam praktikum Kimia lingkungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan awal konsep green chemistry mahasiswa kimia lingkungan secara umum berada dibawah 50%. (1) pencegahan terbentuknya limbah(44%), (2) ekonomi atom(48%), (3) sintesis kimia yang tidak berbahaya(36%), (4) perancangan produk kimia yang aman(36%), (5) pemakaian bahan pelarut dan pembantu yang aman(40%), (6) perancangan efisiensi energy (60%), (7) penggunaan bahan baku terbarukan(28%), (8) pengurangan langkah proses(32%), (9) penggunaan katalis untuk mempercepat proses(60%), (10) perancangan produk terbarukan yang ramah lingkungan(32%), (11) analisis langsung untuk mengurangi pencemaran(48%), (12) meminimalkan potensi kecelakaan(72%). Study pendahuluan kemampuan awal masih rendah, perlu dikembangkan modul praktikum kimia lingkungan berbasis green chemistry untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Universitas Mataram.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Minarni |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 06:47 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |