Nurrahman, Arip (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (227kB) |
Abstract
Salah satu masalah yang paling sering ditemui dalam mata pelajaran fisika adalah miskonsepsi. Miskonsepsi menunjuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang tertentu. Miskonsepsi yang banyak dialami siswa adalah pada materi usaha dan energi khususnya pada beberapa sub materi. Hal ini sejalan dengan hasil studi awal untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Ada banyak penelitian yang mengungkapkan solusi untuk mengatasi miskonsepsi siswa. Salah satunya adalah menggunakan video sebagai media pembelajaran siswa. Banyaknya video pembelajaran yang tersedia di internet dapat menjadi sumber belajar siswa, namun masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan masalah dan analisis kebutuhan maka dikembangkan video pembelajaran berbasis model predict, observe, explain (POE) sebagai media pembelajaran miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengukur kelayakan produk berupa video pembelajaran berbasis model POE sebagai media pembelajaran miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian meliputi tahap analisis (analysis), desain (design) dan pengembangan (development). Kelayakan video pembelajaran ditinjau berdasarkan lembar validasi ahli materi, ahli praktisi dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah produk berupa video pembelajaran berbasis model POE sebagai media pembelajaran miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi. Kelayakan video pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan persepsi siswa terhadap video. Hasil validasi ahli media dan ahli materi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan media sebesar 93,84% dan kevalidan materi sebesar 92,66%. Kepraktisan media diukur dari penilaian guru dan penilaian siswa. Hasil validasi praktisi guru fisika mendapatkan kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor 96,66% dan penilaian siswa mendapatkan skor 91,56%. Persepsi siswa terhadap media diukur dari angket respon siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 90,50%
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Video Pembelajaran, Model POE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurrahman |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 06:38 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |