ANALISIS TINGKAT HUBUNGAN KARAKTER JUJUR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU

Riantoni, Cicyn and Nurrahman, Arip (2020) ANALISIS TINGKAT HUBUNGAN KARAKTER JUJUR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU. Jurnal Pendidikan Edutama, 7 (2). pp. 1-8. ISSN 2339-2258

[img] Text (Artikel Terbit di Jurnal Pendidikan Edutama)
citations_view_op=view_citation&hl=id&user=EnRFlIYAAAAJ&citation_for_view=EnRFlIYAAAAJ_u-x6o8ySG0sC - Published Version
Restricted to Registered users only until 20 Juli 2025.

Download (78kB)
Official URL: http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu materi kalor dan perpindahannya di SMP Negeri 6 Kota Jambi, serta menganalisis tingkat hubungan dari kedua variabel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini adalah 61 siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 6 Kota Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket dan kuesioner yang disebarkan langsung ke subjek, serta dilakukan teknik dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu. Tingkat hubungan karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu berada pada kategori sangat kuat dimana nilai Pearson Correlations diperoleh sebesar 0,919. Dengan demikian, apabila semakin tinggi tingkat kejujuran siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang akan dicapai, dalam hal ini pada mata pelajaran IPA terpadu.

Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Jujur, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurrahman
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:26
Last Modified: 08 Mar 2022 04:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31674

Actions (login required)

View Item View Item