PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INTEGRASI TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN 124/VIII SIDOREJO

Kurnia Putri, Widya (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INTEGRASI TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN 124/VIII SIDOREJO. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI WIDYA KURNIA PUTRI (A1D118074) PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Putri, Widya Kurnia. 2018. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model problem based learning dengan integrase teknologi pada siswa kelas IV SDN 124/VIII Sidorejo: Skripsi, Program studi pendidikan guru sekolah dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru Motivasi, Problem Based Learning Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo siswa lebih senang keluar masuk kelas, sering bermain dengan teman didalam kelas saat pembelajaran dilakukan, hal itu juga berhubungan dengan merosotnya nilai pada siswa-siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 124/VIII Sidorejo. Penelitian ini dilakukan di SDN 124/VIII Sidorejo pada 3 Januari – 15 Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamatan siswa yang dilakukanpada tiap proses pembelajarandengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi. Dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo. Terbukti dari siklus I motivasi belajar siswa 69,78% meningkat pada siklus II menjadi 76%. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Motivasi belajar siswa meningkat dengan pembelajaran Problem Based Learning di bantu dengan integrase teknologi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:25
Last Modified: 08 Mar 2022 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31677

Actions (login required)

View Item View Item