PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Utami, Nova Elda PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X MIA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. Nova Elda Utami RSA1C413013. (Submitted)

[img] Text
RSA1C413013-ARTIKEL.pdf

Download (540kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kota Jambi pada materi Animalia dikarenakan banyak dari siswa menggangap bahwa belajar biologi sulit dipahami. Hal ini dketahui dari observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti. oleh karena itu pendidik harus menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa aktif baik secara fisik maupun mental. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR Berbasis Tematik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Kota Jambi, Tahun ajaran 2017/2018. jenis penelitian ini merupakan True Eksperimen. sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Pemberian perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR berbasis Tematik, Sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model sesuai pembelajaran yang ada di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Pengambilan data untuk aspek psikomotor menggunakan instrumen berupa tes, aspek afektif menggunakan angket dan aspek psikomotor menggunakan lembar observasi serta telah diuji validitas dan realiabilitas. Hasil tes yang telah di dapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Adapun t hitung hasil belajar kognitif adalah 1,59 dan t tabel diperoleh 1,55. Untuk aspek afektf diperoleh t hitung adalah 3,93 dan t tabel adalah 1,55. Untuk aspek psikomotor diperoleh t hitung adalah 1,75 dan t tabel adalah 1,55. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap ketiga data hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe AIR berbasis Tematik terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif,afektif, dan psikomotor

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nova Elda Utami
Date Deposited: 05 Feb 2018 01:29
Last Modified: 05 Feb 2018 01:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item