Anggraini, Riski Yulia and Karim, Navarin and Muhammad, Hatta Abdi (2022) Analisis persepsi Mahasiswa mengenai iklan politik baliho pasangan calon gubernur provinsi Jambi tahun 2020 dalam perilaku memilih (studi terhadap mahasiswa prodi ilmu komunikasi universitas Nurdin Hamzah kota Jambi). S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (46kB) |
|
Text
RISKI YULIA_H1B117003_ILMU POLITIK_FAKULTAS HUKUM(5).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (207kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (238kB) |
|
Text
Daftar isi Daftar Tabel Daftar Gambar.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (347kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
Abstract
Salah satu terwujudnya demokrasi di Indonesia adalah dengan dilaksanakannya pemilihan kepala daerah atau biasa disebut dengan pilkada. Fenomena yang sering muncul saat diadakannya pilkada antara lain kampanye dengan menggunakan Iklan politik. Iklan politik merupakan strategi pemasaran yang sangat menjanjikan dan menjadi strategi kampanye andalan bagi setiap kandidat, karena dengan adanya Iklan politik khususnya Iklan baliho, masyarakat dapat menilai karakter calon kandidat meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai Iklan politik baliho Pasangan calon Gubernur Jambi Tahun 2020 dan untuk mengetahui pengaruh Iklan baliho terhadap perilaku memilih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan penarikan sampel memakai rumus yamane dan teknik pengumpulan sampel yaitu dengan menggunakan teknik Purposive Judgement Sampling serta teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Penggunaan Iklan Politik Baliho Pada Pilgub Jambi 2020 menurut mahasiswa khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi UNH dinilai sangat baik dengan persentase 56% dan menarik 44% namun tidak menjadi alasan utama mahasiswa dalam memilih dan menentukan pilihan politiknya melainkan karisma/ketokohan (orientasi kandidat) berjumlah 49.3% serta orientasi politik keluarga dalam hal ini orang tua dinilai turut mempengaruhi pilihan mahasiswa nerjumlah 28%. Sehingga jika dianalisis responden ini masuk kedalam pemilih Psikologis. Kedua, Hasil uji koefesien determinansi menunjukkan bahwa variabel persepsi mahasiswa dan variabel Iklan politik baliho memberikan pengaruh sebesar 40% terhadap perilaku memilih dan sisanya sebanyak 60% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pilkada Provinsi Jambi 2020, Persepsi, Iklan Politik baliho, Perilaku Memilih, Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | ANGGRAINI |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 07:53 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31683 |
Actions (login required)
View Item |