HESSIPA, HESSIPA and BUDIARTI, RETNI SULISTIONING and Yelianti, Upik PENGARUH KONSENTRASI DAN JENIS RAGI TERHADAP KUALITAS FERMENTASI TAPAI SUKUN (Artocarpus communis Forst) SEBAGAI MATERI PENGAYAAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI TERAPAN. EDUCATION OF BIOLOGY.
Text
ARTIKEL ILMIAH HESSIPA A1C413009.pdf Download (917kB) |
Abstract
Sukun (Artocarpus communis Forst) memiliki kandungan gizi yang tinggi.Tekstur buah sukun yang mengandung serat-serat menunjukkan adanya kandungan karbohidrat yang tinggi didalam buah tersebut yang dapat diolah menjadi tapai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis ragi, ragi yang baik, pengaruh konsentrasi, konsentrasi yang baik, dan pengaruh antara jenis ragi dan konsentrasi ragi dalam pembuatan tapai sukun.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam pola faktorial dengan 2 faktor.Faktor pertama yaitu jenis ragi dengan 2 perlakuan yaitu ragi pasar sebagai kontrol dan ragi campuran dariAmylomyces rouxii dan Saccharomycopsis fibuligera.Faktor kedua yaitu konsentrasi ragi dengan 4 perlakuan yaitu 0.5%, 1.0% (kontrol), 1.5% dan 2.0%.Data dianalisis dengan Analisis of Varian (ANOVA).Jika terdapat perbedaan dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) dengan taraf kepercayaan 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jenis ragi tidak berpengaruh terhadap kualitas fermentasi tapai sukun, sedangkan konsentrasi ragi berpengaruh terhadap kualitas fermentasi tapai sukun (Artocarpus communis Forst) tetapi tidak terdapat interaksi jenis ragi dan konsentrasi ragi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jenis ragi tidak berpengaruh dan tidak terdapat jenis ragi memberikan hasil terbaik terhadap fermentasi tapai sukun, konsentrasi ragi berpengaruh dan konsentrasi ragi 1,5% memberikan hasil terbaik terhadap fermentasi tapai sukun. Kadar gula yang dihasilkan sebesar 10,8% dan kadar alkohol 3,6%. Disarankan untuk peneliti selanjutnya memperhatikan waktu pengukusan dan waktu fermentasi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | HESSIPA |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 06:49 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3170 |
Actions (login required)
View Item |