Penerapan Media Digital Storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP

Wulan, Andi Naga and Budiyono, Herman and Wibowo, Imam Suwardi (2022) Penerapan Media Digital Storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ANDI NAGA WULAN - UP SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

ABSTRAK Wulan, Andi Naga. 2022. Penerapan Media Digital Storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (II) Drs. Imam Suwardi W., M. Pd. Kata kunci: penerapan, digital storytelling, menulis berita Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, terutama meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita dengan menerapkan media digital storytelling. Kekuatan utama dari digital storytelling terletak pada keterampilan bercerita (storytelling). Penelitian ini dilakukan di SMP 46 Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), berawal dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes kemampuan siswa dalam menulis berita. Data proses pembelajaran dianalisis secara kualitatif, sementara data hasil pembelajaran (berupa hasil unjuk kerja siswa) dianalisis dengan cara kuantitatif menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media digital storytelling dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran pada materi menulis teks berita. Selama proses pembelajaran menggunakan media digital storytelling, minat belajar dan keaktifan siswa mengalami peningkatan. Skor pengamatan dan penilaian observer pada prasiklus yaitu 2,45 (kurang baik), siklus 1 mengalami sedikit peningkatan menjadi 2,9 (kurang baik), dan siklus 2 berhasil memenuhi indikator pembelajaran yaitu 4,1 (baik). Sementara dari hasil unjuk kerja siswa saat menulis berita menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis berita. Hasil prasiklus menunjukkan nilai rata-rata siswa yaitu 28,2. Sementara itu, hasil siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 56,4. Sedangkan siklus 2 berhasil mencapai indikator pembelajaran dengan nilai rata-rata yaitu 87,1. Dengan adanya media digital storytelling, memudahkan siswa untuk menyerap berbagai informasi seputar materi pembelajaran. Selain itu, media tersebut dapat digunakan sebagai media interaktif untuk semua materi pembelajaran dengan menyesuaikan materi pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru memanfaatkan media digital storytelling untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa selama pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wulan
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:32
Last Modified: 09 Mar 2022 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item View Item