Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi

Lestari, Rahayu Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH FIX.pdf

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Rahayu. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dra. Fatria Dewi, M.Pd Pembimbing II: Aulia Sanova, ST., M.Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Sains Teknologi masyarakat (STM), Kemampuan Berpikir Kritis dan Laju reaksi. Model pembelajaran STM merupakan model pembelajaran yang mensinergikan konsep-konsep dan prinsip-prinsip sains, teknologi dan masyarakat. Pembelajaran sains akan lebih bermakna jika konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan teori-teori-teori sains dikemas dalam kerangka yang bertalian dengan penerapan teknologi dan isu-isu sains terdapat di masyarakat. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran STM dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi Laju Reaksi kelas XI IPA 1 di SMA Islam Al Falah Jambi. Jenis penelitian ini penelitian Quasi-Eksperimental. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple random sampling dengan cara pengundian.Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa dicari dengan korelasi product moment. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model STM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa digunakan uji-t. Keterlaksanaan model pembelajaran STM oleh guru sebesar 78,13% dan keterlaksanaan model pembelajaran STM oleh siswa sebesar 72,54%. Hubungan korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran STM dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rxy 0,712 tingkat hubungan yang kuat, dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model STM terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan pada thitung = 5,825 > ttabel = 1,692. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran STM oleh guru dan siswa terlaksana dengan baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran STM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reakasi di Kelas XI IPA 1 SMA Islam Al Falah Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHAYU LESTARI
Date Deposited: 05 Feb 2018 01:30
Last Modified: 05 Feb 2018 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3177

Actions (login required)

View Item View Item