Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Berbentuk Tes Esai untuk Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X

Azhary, Shobhi Al-Ghifari Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Berbentuk Tes Esai untuk Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X. Jurnal Fisika. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
A1C313019-ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (223kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penilaian berbentuk tes esai yang dapat mengukur kemampuan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas X pada mata pelajaran fisika serta mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Tahapan pada model pengembangan 4D ini dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Pada tahapan ini akan dihasilkan draf berupa instrumen tes esai keterampilan proses sains yang kemudian divalidasi oleh tim ahli yang selanjutnya diujicobakan pada peserta didik untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah instrumen tes esai yang terdiri dari 30 soal yang dibagi dalam 5 paket soal. Soal-soal ini kemudian diujicobakan dan didapatkanlah soal yang dapat digunakan sebanyak 22 butir soal. Soal yang menjadi hasil akhir tersebut kemudian disusun berdasarkan kemampuan-kemampuan proses sains yang dinilai dan berdasarkan tingkat kesukaran soal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: SHOBHI AL-GHIFARI AZHARY
Date Deposited: 05 Feb 2018 01:30
Last Modified: 05 Feb 2018 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3178

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item