Rohayati, Nur (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MUATAN PEBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 55/I SRIDADI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_Nur Rohayati_A1D118129_PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
pengesahan, persetujuan.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
Abstract
Hayati, Nur. 2021/2022. Analisis Pemahaman Kompetensi Profesional Guru Pada Muatan Pembelajaran IPS di SD Negeri 55/I Sridadi : Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd, (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Kompetensi profesional guru, muatan pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi profesional guru dalam pembelajaran IPS di kelas di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi pada guru kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah study kasus. Aktivitas dalam Analisis data, yaitu reduction, data display, dan conlustion drawing/verivication. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi bersama guru di SD Negeri 55/I Sridadi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan, peranan guru sangat penting dalam membangun kualitas pendidikan. Profesional guru harus bisa dituntut untuk dapat memiliki kompetensi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai dengam baik. Namun di SD Negeri 55/I Sridadi pada saat melakukan observasi masih terlihat salah satu indikator tidak masuk dalam profesional guru. Ada 5 indikator yang harus dikuasai guru dalam profesional guru diantaranya (1) Menguasai materi, struktur dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, (2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, (3) Mengembangkan mata pelajaran yang diampu secara skreatif, (4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada saat melakukan observasi SD Negeri 55/I Sridadi Pada Muatan pelajaran IPS pada saat guru mengajar kurang bervariasi namun cukup sesuai dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran () dalam Melaksanakan Pembelajaran dengan mengkaitkan teknologi informasi dan komunikasi guru sudah cukup paham dalam mengkaitkan teknologi fasilitas seperti proyktor, akses internet dan anak juga sudah memiliki handphone sendiri disini terlihat guru cukup paham dalam menguasai cara penggunaan teknologi dalam mengkaitkan pembelajaan karena dilihat zaman pendidikan yang semakin maju. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru SD Negeri 55/I Sridadi memiliki kompetensi profesional yang baik menguasai materi, struktur, konsep dan pola, menguasai standar kompetensi dasar dan kompetensi inti mata pelajaran, mengembangkan mata pelajaran, mengembangkan keprofesionalan dengan melakukan tindakan reflektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rohayati |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 02:16 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |