Identifikasi Perkembangan Sosial Dalam Pembentukan Sikap Berempati Anak Usia 5 - 6 Tahun Di TK Pertiwi II Kota Jambi

Pratiwi, Winda (2022) Identifikasi Perkembangan Sosial Dalam Pembentukan Sikap Berempati Anak Usia 5 - 6 Tahun Di TK Pertiwi II Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (326kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (320kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan sosial adalah kemampuan seseorang dalam mencapai kematangan dalam hubungan sosialnya. kemampuan anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya, orang dewasa, dan masyarakat luas agar dapat meyesuaikan diri dengan baik. Kematangan sosial anak akan mengarahkan pada keberhasilan anak untuk lebih mandiri dan terampil dalam mengembangkan hubungan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini ialah, 1) Untuk mengetahui kualitas perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati dalam mampu mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar, 2) Untuk mengetahui kualitas perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati dalam mampu Berbagi dengan orang lain. 3) Untuk mengetahui kualitas perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati dalam mampu bersikap kooperatif dengan teman. 4) Untuk mengetahui kualitas perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati dalam mampu menunjukkan sikap toleran. 5) Untuk mengetahui kualitas perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati dalam mampu mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dan sebagainya). Penelitian iniiitermasuki jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 36 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 36 anak. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik anlisis data dengan menggunakan irumusi persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan : 1) identifikasi perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati anak pada aspek mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar di TK Pertiwi II Kota Jambi yaitu “Sanghat Baik” (90%), 2) identifikasi perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati anak pada aspek mampu Berbagi dengan orang lain yaitu “Baik” (86%), 3) identifikasi perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati anak pada aspek bersikap kooperatif dengan iiteman yaitu “Sedang” (52%), 4) identifikasi perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati anak pada aspek mampu menunjukkan sikap toleran yaitu “Sangat Baik” (89%), 5) identifikasi perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati anak pada aspek Mengekspresikan Emosi iiYang Sesuai Dengan Kondisi Yang Ada yaitu “Baik” (87%). Kesimpulan pada penelitian dengan identifikasi perkembangan sosial dalam pembentukan sikap berempati anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi II Kota Jambi berdasarkani data ikuantitatif terlaksana dengan capaian kualitas “Baik” (81%). The problem in this research at Pertiwi II Kindergarten in Jambi City is that there are 6 out of 36 children whose social development in the formation of children's empathetic attitudes has not developed well. The development of social development in the formation of children's empathetic attitudes is still not visible when in the process of learning and playing. The purposes of this study are, 1) To determine the quality of social development in the formation of an empathetic attitude in being able to know the feelings of their friends and respond appropriately, 2) To determine the quality of social development in the formation of an empathetic attitude in being able to share with others. 3) To determine the quality of social development in the formation of empathy in being able to cooperate with friends. 4) To determine the quality of social development in the formation of an attitude of empathy in being able to show a tolerant attitude. 5) To determine the quality of social development in the formation of an empathetic attitude in being able to express emotions in accordance with existing conditions (happy, sad, enthusiastic and so on). This research is a type of descriptive research with a quantitative approach. The population of this study amounted to 36 children. The sample of this study amounted to 36 children. Sampling is done by total sampling technique. Data collection techniques in this study used a questionnaire and documentation. Data analysis technique using percentage formula. Based on the results of the research and discussion, it was found that: 1) Identification of social development in the formation of children's empathetic attitudes in the aspect of knowing their friends' feelings and responding fairly was in the "Very Good" quality (90%), 2) Identification of social development in the formation of children's empathetic attitudes in aspects able to share with others is in the quality of "Good" (86%), 3) Identification of social development in the formation of children's empathetic attitude in the aspect of being cooperative with friends is in the quality of "Medium" (52%), 4) Identification of social development in the formation of the child's empathetic attitude in the aspect of being able to show a tolerant attitude is in the quality of "Very Good" (89%), 5) Identification of social development in the formation of children's empathetic attitude in the aspect of expressing emotions in accordance with existing conditions is in the quality of "Good (87%) . The conclusion of the study shows that the identification of social development in the formation of empathy for children aged 5-6 years in TK Pertiwi II Jambi City is of "Good" quality (81%).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identification, Social Development, Child Empathy,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: WINDA PRATIWI
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:59
Last Modified: 14 Mar 2022 00:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31852

Actions (login required)

View Item View Item