Khoiriyah, Rani Pembelajaran Materi Ikatan Kimia melalui Model Inkuiri Terbimbing dan Model PBL serta Pengaruuhnya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Kota Jambi. Pembelajaran Materi Ikatan Kimia melalui Model Inkuiri Terbimbing dan Model PBL serta Pengaruuhnya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Kota Jambi.
Text
ARTIKEL.pdf Download (670kB) |
Abstract
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya dengan perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model inkuiri terbimbing dan model pembelajaran PBL. Untuk mengukur kemampuan ini perlu dilakukan analisis terhadap peningkatan hasil belajar pada kedua model tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah model yang lebih cocok digunakan pada materi ikatan kimia. Selanjutnya data keterlaksanaan model tersebut akan digunakan untuk melihat pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar pada kedua kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasy experiment). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, dan instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pengolahan da- ta diperoleh hasil uji normalitas di kelas eksperimen I yaitu Lhitung = 0.14379 < Ltabel = 0.16100 dan di kelas eksperimen II Lhitung = 0.08880 < Ltabel = 0.16100 sehingga data kedua kelas berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas didapatkan Fhitung = 1.65220 < Ftabel = 1.86081 menandakan kedua kelas homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t, diperoleh thitung sebesar 3.44686 > t Tabel 2.002, pada α = 5%. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pembelajaran materi ikatan kimia yang diajarkan melalui model pembelajaran Inkuiri Ter- bimbing akan memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar dibandingkan pembela- jaran materi ikatan kimia yang diajarkan melalui model PBL pada siswa kelas X di SMAN 4 kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RANI KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 01:30 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3186 |
Actions (login required)
View Item |