Pengembangan Worksheet Virtual Laboratory Berbasis Problem Based Learning pada Percobaan Gesekan

Muawanah, Muawanah Pengembangan Worksheet Virtual Laboratory Berbasis Problem Based Learning pada Percobaan Gesekan. Pengembangan Worksheet Virtual Laboratory Berbasis Problem Based Learning pada Percobaan Gesekan.

[img] Text
RRA1C313013_ABSTRAK.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap Panduan Virtual Laborator. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada penelitian ini tahap pengembangan hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi serta mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket persepsi mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil validasi ahli media dan ahli materi terhadap panduan virtual laboratory yaitu 66 dan 45 termasuk dalam kategori sangat setuju dan setuju. Hasil analisis dari persepsi mahasiswa pada uji coba diperoleh skor rata-rata indikator keseluruhan adalah 62.35 yang dikategorikan sangat setuju. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Panduan Virtual Laboratory Berbasis Problem Based Learning Pada Percobaan Gesekan layak digunakan sebagai penunjang praktikum di laboratorium.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: MUAWANAH
Date Deposited: 05 Feb 2018 01:30
Last Modified: 05 Feb 2018 01:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item