Gusbella, Phara (2022) Tindak Tutur Ekspresif antara Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas VII SMP N 16 Kota Jambi dalam Melaksanakan Pembelajaran. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Skripsi Full Phara Gusbella (A1B118073))
(A1B118073) Phara Gusbella Skripsi-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI SAMPUL DEPAN-dikonversi.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN ada ttd-converted.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Phara Gusbella Skripsi PBSI.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I Phara Gusbella Skripsi PBSI-dikonversi.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB V Phara Gusbella Skripsi PBSI.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN Phara Gusbella Skripsi PBSI.pdf Download (154kB) |
Abstract
Phara Gusbella. 2022. Tindak Tutur Ekspresif antara Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Siswa Kelas VII SMP N 16 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Akhyaruddin, M. Hum., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pragmatik, tindak tutur ekspresif, guru, siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur ekspresif yang di gunakan guru bahasa Indonesia SMP N 16 Kota Jambi dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat dan kata yang berasal dari tuturan penutur. Pengambilan data menggunakan teknik simak (pengamatan) bebas libat cakap dimana peneliti tidak dilibatkan langsung untuk ikut menentukan pembentukan dan pemunculan data serta teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan tindak tutur ekspresif antara guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP N 16 Kota Jambi dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas terdapat sebanyak delapan jenis tindak tutur dengan enam belas tuturan. Delapan jenis tindak tutur ekspresif yaitu tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat, mengucapkan terima kasih, menyindir, memberi pujian, mengeluh, mengkritik, mengucapkan permintaan maaf, dan meminta tolong. Enam belas tuturan tersebut yaitu dua tuturan mengucapkan selamat saat memasuki dan mengakhiri pembelajaran, dua tuturan mengucapkan terima kasih, dua tuturan menyindir, satu tuturan memberi pujian, dua tuturan mengeluh, tiga tuturan mengkritik, dua tuturan mengucapkan permintaan maaf, dan dua tuturan meminta tolong. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru bahasa dapat memahami tindak tutur ekspresif sehingga siswa dapat belajar lebih efektif dan peminat pragmatik disarankan dapat memperdalam penelitian tentang makna pragmatik serta memperluas penelitian tentang tindak tutur ekspresif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | GUSBELLA |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 06:50 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |