Pengembangan E-modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Menggunakan Flip PDF Professional Berbantuan Geogebra pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan untuk SMP Kelas IX

Deribka, Cristy (2022) Pengembangan E-modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Menggunakan Flip PDF Professional Berbantuan Geogebra pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan untuk SMP Kelas IX. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
lembar persetujuan dn pengesahan.pdf

Download (597kB)
[img] Text
CRISTY DERIBKA SKRIPSI-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (80kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis realistic mathematics education menggunakan flip pdf professional berbantuan geogebra pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk SMP kelas IX dan mendeskripsikan kualitas e-modul yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada tanggal 31 mei sampai tanggal 31 juli 2021. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bidang studi matematika SMP Negeri 22 Kota Jambi sebagai subjek uji coba perorangan dan peserta didik kelas IX A SMP Negeri 22 Kota Jambi sebagai subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 peserta didik dan subjek uji coba kelompok besar sebanyak 32 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrument, desain, materi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, observasi, soal tes hasil belajar dan angket (ahli desain, ahli materi, uji coba perorangan, observasi, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan dengan beberapa kali revisi berdasarkan penilaian, saran, dan komentar dari validator. Kualitas e-modul dikategorikan sebagai bahan ajar yang baik, dikarenakan e-modul memenuhi kriteria kevalidan dengan persentase sebesar 78% dengan kategori valid, kepraktisan dengan persentase sebesar 80% dengan kategori praktis, dan efektif dengan persentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mampu mengembangkan bahan ajar yang lebih inovatif dan kreatif. Disamping itu, guru sebagai pengajar sebaiknya menjadi pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran yang dapat menciptakan dan memfasilitasi peserta didik dapat belajar secara maksimal dimasa pembelajaran secara daring seperti saat ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, realistic mathematics education, flip pdf professional, geogebra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DERIBKA
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:41
Last Modified: 16 Mar 2022 01:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31951

Actions (login required)

View Item View Item