STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V DI MASA PANDEMI

Yennanda, Ayu and Yantoro, Yantoro and Hayati, Suci (2022) STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V DI MASA PANDEMI)
SKRIPSI AYU YENNANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (497kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas V di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SDN 1/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan wawancara kepada Wali Kelas dan siswa kelas V B, observasi pada proses pembelajaran matematika materi pecahan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika materi pecahan yaitu siswa kesulitan dalam memahami materi pecahan yang guru jelaskan seperti, kesulitan menyederhanakan pecahan, kesulitan memahami materi pembagian pecahan dan penyelesaian soal cerita. Adapun strategi yang guru gunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan di masa pandemi yaitu guru selalu memastikan kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran matematika pada materi pecahan, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk mengurangi rasa takut/cemas siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi pecahan, menggunakan media pembelajaran pada materi pecahan, menghubungkan materi pecahan yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah pada materi pecahan menurut caranya atau sesuai dengan kemampuannya, memberikan beberapa cara dalam pengerjaan soal pada materi pecahan yang mudah untuk di mengerti oleh siswanya, menjelaskan ulang materi pecahan yang masih kurang di pahami oleh siswa, dan memberikan jam tambahan untuk siswa yang kesulitan memahami materi pecahan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika Materi Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: YENNANDA
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:40
Last Modified: 16 Mar 2022 01:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31958

Actions (login required)

View Item View Item