Putri, Devi (2022) Kajian Tulisan Argumentasi dan Penalarannya Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 20 Merangin. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Kajian Tulisan Argumentasi dan Penalarannya Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 20 Merangin..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (160kB) |
Abstract
Kata Kunci: kualitas, tulisan argumentasi, pola penalaran Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan kualitas tulisan (pargaraf) argumentasi serta mendeskripsikan pola penalaran di kelas XII IPA SMA Negeri 20 Merangin. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 20 Merangin pada siswa kelas XII IPA. Pengambilan data dengan cara tes menulis esai argumentasi. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan kualitas tulisan (paragraf) argumentasi siswa SMA Negeri 20 Merangin yang berkualitas Sangat Baik (SB) = 12,5%; Baik (B)= 37,5%; Cukup Baik (CB)= 43,65%; Kurang Baik (KB) = 6,25%; Tidak Baik (TB) = 0%. Dari uraian tersebut perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan menulis siswa yang berpedoman pada pendekatan sistem; masukan, proses, dan luaran. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan materi pembelajaran bahasa Indonesia, pada materi keterampilan Menulis. Sedangkan pada pola penalaran, siswa kelas XII IPA SMA Negeri 20 Merangin hanya menerapkan 3 jenis pola penalaran (1) umum-khusus sebesar 25%; (2) pola penalaran perbandingan-pertentangan 18,75%; (3) pola sebab-akibat/akibat-sebab: 56,25%. Dari hasil paparan tersebut, pola penalaran yang digunakan terbilang masih belum menyeluruh. Sehingga dalam pratiknya hanya menguunakan pola-pola yang sederhana. Penalaran yang baik akan mengasah pola fikir siswa, sehingga guru perlu melakukan pembinaan dan pembelajaran terhadap pola penalaran lainnya. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi pendidik dan peserta didik perlu lebih meningkatkan kualitas tulisan argumentasi menjadi lebih baik dan berkualitas sehingga menghasilkan kualitas tulisan yang maksimal. Pada pola penalaran perlu menjelaskan kembali mengenai beberapa pola penalaran yang lain seperti pola klimaks anti klimaks, pola sudut pandang, pola analogi, pola pemberian contoh, pola proses, pola klasifikasi dan pola definisi luas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: kualitas, tulisan argumentasi, pola penalaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 06:48 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |