Wahyuni Yolanda, Tia and Sabil, Husni and Junita, Ranisa (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
Abstract
Pembelajaran online dikarenakan pandemi Covid-19 menyebabkan guru memilih menerapkan metode pembelajaran konvesional yang berpusat pada guru dikarenakan metode ini dianggap sebagai metode yang lebih tepat untuk menyampaikan poin penting terkait materi pembelajaran, selain itu bahan ajar yang digunakan terbatas pada buku cetak yang hanya menekankan pada aspek kognitif dan belum memanfaatkan teknologi untuk mendukung minat belajar siswa yang berakibat kepada proses belajar siswa yang kurang bermakna dan kurang menarik. Oleh sebab itu, dilakukan pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Education Berbantuan Geogebra untuk mendukung minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan kualitas lembar kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develompment, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang siswa kelas VIIIB pada uji coba kelompok kecil, dan 30 orang siswa pada uji lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu lembar kerja siswa berbasis Realistic mathematics education Berbantuan geogebra untuk mendukung minat belajar siswa pada materi persamaan garis lurus dikelas VIII SMP. Kualitas lembar kerja siswa dinilai dari kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan diperoleh: 1) persentase kevalidan LKS dari ahli materi 82,6% (sangat valid) dan ahli design 78,8% (valid), 2) persentase kepraktisan LKS oleh pendidik 93,75% (sangat praktis) dan oleh peserta didik 88,51% (sangat praktis), 3) persentase keefektifan LKS dari lembar observasi diperoleh rata–rata persentase 90,82% (sangat efektif), dari angket minat belajar siswa dengan menggunakan N-Gain diperoleh peningkatan minat belajar sebanyak 22 orang kriteria sedang, 7 orang sangat tinggi dan 1 orang rendah, serta dari pemberian tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dengan menggunakan N-Gain diperoleh 10 orang kriteria sedang, 18 orang sangat tinggi, dan 2 orang kategori rendah. Dengan demikian, Lembar Kerja Siswa ini dapat digunakan sebagai bahan ajar yang sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa, Realistic Mathematics Education, Geogebra, Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yolanda |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 03:56 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |