DESAIN E-LKPD BERBASIS CASE BASED LEARNING (CBL) DENGAN BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

Maharani, Dilla and Ramalisa, Yelli and Pasaribu, Feri Tiona (2022) DESAIN E-LKPD BERBASIS CASE BASED LEARNING (CBL) DENGAN BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)

Abstract

ABSTRAK Maharani, Dilla. 2022. Desain E-LKPD Berbasis Case Based Learning (CBL) Dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Pada Materi Persamaan Lingkaran. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-LKPD, Case Based Learning (CBL), quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD pembelajaran berbasis Case Based Learning (CBL) pada materi persamaan lingkaran di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi, serta peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu E-LKPD yang berbasis Case Based Learning (CBL). Dengan sintak yaitu, menetapkan kasus, menganalisa kasus, menemukan bukti, menentukan langkah penyelesaian, membuat kesimpulan, menyajikan hasil dan melakukan perbaikan. E-LKPD juga berbantuan Aplikasi Quizizz yang dapat diakses melalui smartphone. E-LKPD ini fokus pada materi persamaan lingkaran untuk siswa kelas XI SMA dengan menyajikan soal-soal yang berbasis case (kasus) serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan E-LKPD yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas E-LKPD berdasarkan 3 kriteria, yaitu: valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan E-LKPD dari ahli materi 82,35% (valid) dan dari ahli desain 100% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan E-LKPD oleh pendidik 86,67% (Sangat Praktis) dan oleh peserta didik 97,17% (Sangat Praktis), 3) persentase keefektifan E-LKPD dari angket respon peserta didik 87,16% (Sangat Efektif) dan vii dari ketuntasan hasil belajar 83,33%. Peneliti menyarankan agara penelitian selanjutnya dapat mengembangkan E-LKPD dengan inovasi lain untuk menghasilkan E-LKPD yang baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar matematika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MAHARANI
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:45
Last Modified: 17 Mar 2022 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32017

Actions (login required)

View Item View Item