Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prokrastinasi akademik dan Adversity Quotient terhadap Stres Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi

Ramalia, Aminah (2022) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prokrastinasi akademik dan Adversity Quotient terhadap Stres Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. S2 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tesis Aminah untuk upload.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi (8).pdf

Download (366kB)
[img] Text
Bab I (10).pdf

Download (431kB)
[img] Text
Bab V (9).pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Rujukan (2).pdf

Download (318kB)
[img] Text
halaman pengesahn.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya tekanan yang dirasakan oleh mahasiswa dalam bidang akademik, terjadi karena beberapa faktor, yaitu internal maupun eksternal. Status sosial ekonomi orang tua menjadi salah satu faktor eksternal yang mampu mempengaruhi stres akademik, selain itu faktor internal seperti prokrastinasi akademik dan adversity quotient juga mampu mempengaruhi stres akademik, terlebih pada masa pandemi yang mampu merubah berbagai metode dalam kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh langsung status sosial ekonomi orang tua terhadap adversity quotient, (2) Pengaruh langsung prokrastinasi akademik terhadap adversity quotient, (3) Pengaruh langsung status sosial ekonomi orang tua terhadap stres akademik, (4) Pengaruh langsung prokrastinasi akademik terhadap stres akademik, (5) Pengaruh langsung adversity quotient terhadap stres akademik, (6) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap stres akademik melalui adversity quotient, (7) Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap stres akademik melalui adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path anlisys). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi yang terdiri dari 4 angkatan, yaitu 2017, 2018, 2019 dan 2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 262 mahasiswa dan Sample sebanyak 158 mahasiswa yang kemudian dijadikan responden dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dengan bantuan google form. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi orang tua terhadap adversity quotient sebesar 0,319, (2) Tedapat Pengaruh langsung prokrastinasi akademik terhadap adversity quotient sebesar -0,251, (3) Terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi orang tua terhadap stres akademik sebesar -0,253, (4) Terdapat pengaruh langsung prokrastinasi akademik terhadap stres akademik sebesar 0,412, (5) Terdapat pengaruh langsung adversity quotient terhadap stres akademik sebesar -0,246, (6) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap stres akademik melalui adversity quotient sebesar -0,078, (7) Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap stres akademik melalui adversity quotient sebesar 0,062. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa semua Ha diterima dan H0 ditolak. Lalu peneliti menyarankan kepada mahasiswa untuk mengurangi hal-hal yang dapat menyebakan peningkatan pada stres akademik. Dan dapat memanfaatkan fasilitas dan waktu dengan sebaik-baik mungkin agar tidak terjadi stres dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan akademik.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ramalia
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:46
Last Modified: 18 Mar 2022 01:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item View Item