HAJAR, SITI ANALISIS PEMASARAN BOKAR DI DESA PANEROKAN KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI. JURNAL ANALISIS PEMASARAN BOKAR DI DESA PANEROKAN KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI.
Text
JURNAL.pdf Download (609kB) |
Abstract
ANALISIS PEMASARAN BOKAR DI DESA PANEROKAN KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI Siti Hajar1), Ernawati HD 2) dan Ardhiyan Saputra 2) 1)Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi 2)Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi Email : shajar38@yahoo.co.id ABSTRAK Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis saluran pemasaran bokar, peranan lembaga pemasaran bokar, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, marjin pemasaran dan farmer’s share pemasaran bokar serta menganalisis perbedaan farmer’s share yang diterima petani pada masing-masing saluran pemasaran bokar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Panerokan Kecamatan Bajubang pada bulan Mei sampai bulan Juni 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang petani dan 9 orang pedagang pengumpul. Penarikan sampel untuk petani menggunakan metode Simple Random Sampling(secara acak sederhana), sedangkan untuk pedagang pengumpul menggunakan metode snowball sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan menggunakan alat analisis uji beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran bokar dengan 3 lembaga pemasaran bokar. Biaya saluran pemasaran I sebesar Rp 608/Kg, keuntungan Rp 1.854/Kg dan margin Rp 2.462/Kg serta farmer’s share yang diterima petani 77,92%. Biaya pemasaran pada saluran II Rp 455/Kg dengan keuntungan Rp 3.003/Kg, margin Rp 3.458/Kg dan farmer’s share 68,56%. Biaya pemasaran pada saluran III Rp 75/Kg dengan keuntungan Rp 3.446/Kg, margin Rp 3.521/Kg dan farmer’s share 67,99%. Berdasarkan hasil uji beda dua rata-rata terdapat perbedaan farmer’s share yang diterima petani pada saluran pemasaran I dan II. Farmer’s share yang diterima petani pada saluran I dan III terdapat perbedaan, sedangkan pada saluran pemasaran II dan III tidak terdapat perbedaan farmer’s share yang diterima petani karet di Desa Panerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Kata kunci : analisis, bokar, saluran pemasaran, peranan lembaga pemasaran ABSTRACT This research is aimed at analyzing bokar marketing channel, role of marketing agent of bokar, marketing cost, marketing profit, marketing margin and farmer's share of bokar marketing and analyzing farmer's share difference received by farmers in each bokar marketing channel. This research was conducted in Panerokan Village Bajubang Sub-district from May to June 2017 with 90 samples of farmers and 9 collecting merchants. Sampling for farmers using Simple Random Sampling method (randomly simple), while for collectors using snowball sampling method. The analytical tool used is qualitative descriptive analysis and using the mean test equipments test of two average. The results showed that there are 3 channels of marketing bokar with 3 marketing agencies bokar. Marketing channel I fee of Rp 608 / Kg. Profit Rp 1.854/ Kg and margin Rp 2.462/ Kg and farmer's share received by farmers of 77.92%. Marketing costs on channel II Rp 455/ Kg with profit Rp 3.003 / Kg, margin Rp 3,458/Kg and farmer's share 68.56%. Marketing costs on channel III Rp 75 / Kg with a profit Rp 3.446/ Kg, margin Rp 3,521/Kg and farmer's share 67.99%. Based on the result of difference test of two average there is difference of farmer's share that accepted by farmer on marketing channel I and II. Farmer's share received by farmers in channel I and III there are differences, whereas in marketing channel II and III there is no difference of farmer's share received by rubber farmers in Panerokan Village Bajubang Sub-district, Batanghari District. Keyword : analysis, bokar, marketing channels, role of marketing agency
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | SITI HAJAR |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 09:05 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 09:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3204 |
Actions (login required)
View Item |