PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR BERORIENTASI PADA VOCATIONAL SKILL PRAKTIKUM BIOLOGI SMA

amalia, Kiki putri PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR BERORIENTASI PADA VOCATIONAL SKILL PRAKTIKUM BIOLOGI SMA. kiki putri amalia A1C413028. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penilaian merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, penilaian merupakan serangkaian kegiatan memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan.Dengan melakukan serangkaian kegiatan penilaian kita dapat mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian keberhasilan belajar siswa didalam kelas. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan bertujuan untuk mengembangkan instrumen psikomotor yang berorientasi vocational skill pada praktikum biologi. Penelitian yang dilakukan guna menuntut siswa untuk memiliki kemampuan Ganda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi pada disseminate hanya dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi saja dan hanya pada guru Biologi Saja. Data yang didapat selama penelitian dianalisis secara deskriptif. Produk penelitian berupa instrumen penilaian psikomotor yang berorientasi vocational skill untuk praktikum Biologi dinilai dengan menggunakan skala 4-1. Produk divalidasi oleh ahli instrumen dan dinyatakan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa instrumen penilaian psikomotor berorientasi pada vocational skill praktikum Biologi SMA yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dengan persentase 81,4% untuk respon guru dan 91,1% untuk respon yang diberikan siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: KIKI PUTRI AMALIA
Date Deposited: 06 Feb 2018 01:12
Last Modified: 06 Feb 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item