esti, tika (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI FUNGI KELAS X SMA. S2 thesis, mpipa.
Text
COVER .pdf Download (54kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (95kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
Abstract
Estitika. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Fungi Kelas X SMA. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Haryanto, M.Kes. II. Dr. Pinta Murni, M.Si Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi, sebagaimana yang diamanatkan dalam kurikulum 2013, menuntut adanya penggunaan LKPD yang memuat kelima aktivitas pengalaman belajar, yaitu; (1) mengamati; (2) menanya; (3) mengumpulkan informasi; (4) mengasosiasi; dan (5) mengkomunikasikan. Namun, hasil temuan awal di SMA IT Diniyyah Al-Azhar Jambi menunjukkan bahwa LKPD yang digunakan oleh siswa selama ini belum sesuai dengan pendekatan saintifik, karena tidak memuat kelima aktivitas yang dimaksud. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan LKPD dengan mengintegrasikan Model Pembelajaran yang bersifat aktif memuat pendekatan saintifik yang cocok serta membantu siswa dalam pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. LKPD yang dikembangkan pada Materi Fungi Kelas X SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah Plomp yang terdiri dari tahapan, yaitu; (1) investigasi awal, (2) pengembangan dan pembuatan prototype, dan (3) penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD sudah sangat layak yang dihasilkan skor validasi ahli desain sebesar 61 atau 95,31% dan ahli materi skor sebesar 110 atau 86%, kemudian diujicobakan kepada siswa dan dinilai oleh guru kelas X di SMA IT Diniyyah Al Azhar Jambi. Hasil ujicoba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar, menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan memperoleh skor praktikalitas masing-masing sebesar 34,67, 36,40 dan 34,60. Begitupula hasil penilaian praktikalitas oleh guru diperoleh nilai tingkat kepraktisan sangat praktis, dengan perolehan skor praktikalitas sebesar 35. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fungi yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Fungi, inkuiri terbimbing, LKPD, pengembangan
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | ESTITIKA |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32153 |
Actions (login required)
View Item |