PENGEMBANGAN MODUL PERBANKAN DASAR UNTUK KELAS X SMK DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DARING

Hutabarat, Letdiana (2022) PENGEMBANGAN MODUL PERBANKAN DASAR UNTUK KELAS X SMK DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN DARING. S2 thesis, University Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Tesis Letdiana Hutabarat-MPE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid 19 merupakan fenomena baru di dunia pendidikan yang menciptakan kebijakan dari pemerintah untuk menerapkan program Belajar dari Rumah (BDR). Kebijakan tersebut mendorong guru dalam mengembangkan suatu pembelajaran bagi peserta didik untuk belajar mandiri. Sehingga motivasi dan minat belajar peserta didik dapat terus berkembang. Selama penerapan pembelajaran daring, peserta didik mengalami kendala, yaitu: (1) rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dalam belajar, (2) tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan guru maupun teman sebaya, dan (3) peserta didik mengalami kejenuhan dalam belajar secara daring. Dari sudut pandang peneliti selama pembelajaran daring adalah guru masih terpaku pada penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Power Point dalam penyampaian materi. Hal ini perlu dikreasikan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia secara online sehingga menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-Modul dengan memanfaatkan media CANVA untuk mata pelajaran Perbankan Dasar di kelas X, (2) melakukan prosedur yang dianjurkan untuk menguji kelayakan E-Modul Perbankan Dasar, (3) mengidentifikasi dampak pengembangan E-Modul bagi peserta didik selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) model Borg dan Gall yang peneliti menyederhanakannya menjadi lima langkah tanpa mengurangi makna dari setiap langkah sebenarnya. Hasil penelitian: (1) Hasil uji validitas E-Modul dari ahli materi dan ahli media menyatakan E-Modul yang dikembangkan termasuk dalam layak untuk digunakan, (2) Hasil uji validitas untuk kemandirian belajar menyatakan E�Modul dapat digunakan untuk belajar mandiri selama pembelajaran daring, dan (3) berdasarkan hasil ujicoba penilaian angket motivasi dan minat belajar peserta didik menyatakan bahwa E-Modul dapat memotivasi dan menarik minat belajar peserta didik selama pembelajaran daring. Kata Kunci: e-modul; CANVA; pembelajaran daring; kemandirian belajar; motivasi dan minat belajar; kredit perbankan ABSTRACT The Covid-19 pandemic is a new phenomenon in the world of education that creates policies from the government to implement the Learning from Home (BDR) program. The policy encourages teachers to develop a lesson for students to learn independently. So that students' motivation and interest in learning can continue to grow. During the application of online learning, students experience obstacles, namely: (1) the low level of student participation in learning, (2) cannot interact directly with teachers and peers, and (3) students experience boredom in online learning. From the researcher's point of view during online learning, the teacher isstill fixated on the use of Microsoft Word and Microsoft Power Point in delivering material. This needs to be created by utilizing learning media available online so that it becomes more interesting. This study aims to: (1) produce an E-Module using CANVA media for Basic Banking subjects in class X, (2) carry out the recommended procedure to test the feasibility of a Basic Banking E-Modul, (3) identify the impact of developing an E�Module. for students during online learning. This research is a type of research and development (Research and Development) model of Borg and Gall which researchers simplify into five steps without reducing the meaning of each step actually. The results of the study: (1) The results of the validity of the E-Module from material experts and media experts stated that the E- Module that was developed was suitable for use, (2) The results of the validity test for learning independence stated that the E�Module could be used for independent learning during learning. online, and (3) based on the results of the questionnaire assessment of students' motivation and interest in learning, it is stated that the E- Module can motivate and attract students' learning interest during online learning. Keywords: e-modul; CANVA; online learning; independent learning; motivation andinterest in learning; banking credit

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-modul; CANVA; online learning; independent learning; motivation andinterest in learning; banking credit
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: HUTABARAT
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:53
Last Modified: 22 Mar 2022 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32216

Actions (login required)

View Item View Item