IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA

Mardiana, Mira and Suhandi, Andi and Zahyuni, Violita (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Implementasi Penggunaan Media Manipulatif dalam Mengembangkan Keaktifan Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA)
SKRIPSI MIRA MARDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (99kB)
[img] Text
prstujuan & pernyataan mira .pdf

Download (253kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB)

Abstract

Mardiana, Mira 2022, “Implementasi Penggunaan Media Manipulatif dalam Mengembangkan Keaktifan Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA”. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci : Penggunaan media Manipulatif, keaktifan siswa, Pelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana implementasi penggunaan media manipulatif dalam mengembangkan keaktifan siswa pada muatan pelajaran IPA (2) Dampak belajar siswa menggunakan media manipulatif pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media manipulatif berupa KIT IPA, papan rantai, dan mainan hewan. Dalam proses pembelajaran ada beberapa langkah-langkah yang dilakukan guru saat menggunakan media manipulatif meliputi: guru mempersiapkan media pembelajaran di ruangan kelas, menjelaskan tujuan yang akan dicapai, guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan siswa selama proses pembelajaran, kegiatan praktek atau percobaan, mengajak siswa bermain peran, melakukan diskusi kelompok, dan siswa akan mempresentasikan hasil diskusi. Dampak yang diperoleh siswa dengan menggunakan media manipulatif yaitu siswa berani bertanya, menjawab pertanyaan, percaya diri, keingintahuan siswa meningkat, mudah memahami materi, terlibat dalam pemecahan masalah, bekerjasama dalam berdiskusi, dapat menyelesaikan dan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media manipulatif, Keaktifan siswa, Pelajaran IPA
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Mardiana
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:35
Last Modified: 22 Mar 2022 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item View Item