STRATEGI GURU UNTUK MENCAPAI TUJUAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Intan, Deyana Nuru and Kuntarto, Eko and Muhammad, Sholeh (2022) STRATEGI GURU UNTUK MENCAPAI TUJUAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (741kB)
[img] Text
ABSRTAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (STRATEGI GURU UNTUK MENCAPAI TUJUAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI LENGKAP DEYANA NURU INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru yang diterapkan dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan hal-hal yang perlu diperhatikan guru dalam menentukan startegi pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi pada tanggal 3 November-3 Desember 2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan diperkuat dengan wawancara yang dilakukan kepada guru kelas V A. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika di kelas V A yaitu diawali dengan melakukan perencanaan untuk melaksanakan proses pembelajaran, dalam kegiatan perencanaan dilakukan dengan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kurikulum dan silbus, serta menyiapkan media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan akhir, yang terdiri dari memberitahu tujuan pembelajaran yang akan dicapai, menerangkan materi dengan jelas beserta contoh soalnya, memberikan latihan dan penggunaan LKPD yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik, penggunaan metode belajar yang bervariasi, melakukan refleksi pembelajaran. Pada kegiatan evaluasi dilakukan dengan memberikan beberapa butir soal sebagai tes untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran, selain itu ada beberapa strategi utama yang dilakukan guru diantaranya memberikan trik-trik dalam pembelajaran matematik, memberikan motivasi baik verbal maupun non verbal, membangun kedekatan interaksi dengan peserta didik dan membuat tutor sebaya antar peserta didik. Kemudian, dalam memilih strategi pembelajaran terdapat dua hal yang sangat diperhatikan yaitu karakteristik peserta didik dan alokasi waktu. Pada kesimpulannya, seluruh kegiatan pembelajaran matematika yang telah dilakukan sangat berorientasi pada kegiatan dan karakteristik peserta didik, sehingga tujuan dari pembelajaran matematika yang menjadi sasaran dapat dicapai dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Tujuan pembelajaran, Pembelajaran Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: INTAN
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:35
Last Modified: 22 Mar 2022 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item