ANALISIS TERJADINYA BERPIKIR PSEUDO SISWA KELAS VII DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Yuliyanti, Bella and Marzal, Jefri and Huda, Nizlel (2022) ANALISIS TERJADINYA BERPIKIR PSEUDO SISWA KELAS VII DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BENTUK ALJABAR. S1 thesis, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

[img] Text
skripsi full bella yuliyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover bella yuliyanti.pdf

Download (203kB)
[img] Text
halaman persetujuan, pengesahan bella yuliyanti.pdf

Download (315kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya terjadinya berpikir pseudo dalam mengkonstruksi konsep matematis pada materi bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis terjadinya berpikir pseudo dalam mengkonstruksi konsep matematis pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Jambi pada November 2021 pada kelas VII H. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal tes kepada siswa dan wawancara dengan siswa. Setelah soal tes dikembalikan, data dianalisis secara kualitatif. Kemudian dikelompokkan menjadi 3 kelompok berdasarkan cara pengerjaannya. Kelompok pertama yaitu kelompok yang tidak dapat memberikan alasan yang jelas terhadap permasalahan. Kelompok kedua dengan kelompok yang tidak dapat menggunakan konsep yang tepat. Kelompok ketiga yaitu kelompok yang dapat memberikan alasan yang jelas terhadap permasalahan. Kemudian peneliti mengambil 3 siswa yang memenuhi indikator berpikir pseudo dalam mengkonstruksi konsep matematis. Instrumen penelitian ini berupa berpikir pseudo dalam mengkonstruksi konsep dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami berpikir pseudo dalam mengkonstruksi konsep matematis. Peneliti menemukan bahwa pseudo salah terjadi dalam dua kondisi yaitu pada subjek pertama memenuhi indikator berpikir pseudo salah dimana subjek memberikan jawaban yang salah dengan prosedur yang salah karena subjek terdorong untuk menjawab dengan cepat dan Subjek ketiga memenuhi indikator berpikir pseudo salah dalam mengkonstruksi konsep dengan memberikan jawaban yang salah tetapi prosedur penyelesaian benar dan dapat memberikan justifikasi terhadap prosedur yang digunakan. Sedangkan subjek kedua memenuhi indikator pseudo benar ketika menyelesaikan soal aljabar dengan memberikan jawaban benar dan prosedur penyelesaian yang salah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yuliyanti
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:46
Last Modified: 23 Mar 2022 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item