PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP N 17 KOTA JAMBI

Nabilah, bil (2022) PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP N 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Nabilah (A1E116052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover SKRIPSI (1).pdf

Download (77kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (496kB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya lingkungan yang mempengaruhi kebiasaan siswa disekolah. Keaktifan belajar siswa itu dilandaskan beberapa factor. Teman sebaya merupakan salah satu faktor dalam keaktifan belajar siswa di sekolah, teman sebaya yang baik itu biasanya akan memberikan hal-hal masukan yang positif dalam kebiasaan sehari-hari seperti saat disekolah, namun ada juga teman sebaya yang memberikan contoh yang tidak baik sehingga berdampak negatif pula untuk siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat gambaran dari pengaruh teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa di sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX N 17 Kota jambi Tahun ajaran 2021/2022 . Teman sebaya yang dimaksud dalam penelitian ini yang mempengaruhi aktivitas-aktivitas selama di sekolah terkhususnya didalam satu kelas dilihat dari cara kerja sama, interaksi sosial, keinginan meniru, sikap solidaritas , memberikan pengalaman baru, dan keaktifan belajar dalam penelitian ini peserta didik yang aktif seperti mengajukan pertanyaan, mengemukakan gagasan, mencari data dan informasi. Jenis penelitian ini adalah expost-facto , dengan populasi seluruh siswa kelas VIII dan IX di SMP N 17 Kota Jambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 244 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat pemgumpulan data menggunkan angket atau kuosioner dengan model skala likert. Kemudian penelitian ini mengolah data dengan menggunakan rumus Regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari dua variabel yang diteliti memilki nilai signifikan asmotik sebesar 0,000 (<0,05) yang berati antara variabel teman sebaya(X) berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa(Y), dan untuk hasil R Square pada dua variabel ini sebesar 0,114 yang dipresentasekan 11,4%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa adanya pengaruh teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa yang ditafsirkan rendah tapi pasti. Kata Kunci : Teman Sebaya, Keaktifan Belajar Siswa

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: NABILAH
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:56
Last Modified: 23 Mar 2022 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32246

Actions (login required)

View Item View Item