UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI MASALAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DI SMK N 4 KOTA JAMBI

Hidayat, Taufik (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI MASALAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DAN TUNAWICARA DI SMK N 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
skripsi taufik hidayat a1e116026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (168kB)
[img] Text
CamScanner 03-23-2022 12.27.pdf

Download (917kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah anak berkebutuhan khusus tunarungu dan tunawicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling, masalah anak berkebutuhan khusus dan penghambat dalam menangani masalah anak berkebutuhan khusus di SMK N 4 Kota Jambi. Penelitian ini menjelaskan tentang upaya Guru bimbingan dan konseling, masalah anak berkebutuhan khusus , serta penghambat yang menjadi batasan dalam penelitian. guru bimbingan konseling memiliki beberapa upaya dalam menangani masalah anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan analisis datanya menggunakan triangulasi. Dalam penelitian ini partisipan adalah guru bimbingan dan konseling yang menjadi pendampingan bagi anak berkebutuhan khusus tunarunggu dan tunawicara di sekolah. Sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu ABK, pendamping ABK dan wali kelas. Pembahasan dan hasil penelitian : Guru Bimbingan dan Konseling berupaya untuk memberikan pengertian kepada seluruh warga sekolah tentang adanya siswa ABK di sekolah. Agar siswa ABK tersebut terhindar dari bullying dan Guru Bimbingan dan Konseling berupaya agar terjalinnya kerjasama antar guru mata pelajaran, wali kelas, guru pembimbing dan teman-teman di kelas. kemudian masalah yang muncul pada anak berkebutuhan khusus tunarungu dan tunawicara di sekolah yaitu: mudah tersinggung dan tidak mampu dalam berhubungan dengan orang lain. Serta yang menghambat guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah anak berkebutuhan khsus yaitu: Keterbatasan guru bimbingan dan konseling dalam menggunakan bahasa isyarat

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Hidayat
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:56
Last Modified: 23 Mar 2022 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item View Item