MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 80/I MUARA BULIAN

WIDANINGSIH, ANIS MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 80/I MUARA BULIAN. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 80/I MUARA BULIAN. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (608kB)

Abstract

ABSTRAK Widaningsih, Anis. 2018 : “Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Me- lalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 80/I Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurusan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Drs. Maryono, M.Pd, Pembimbing II Muhammad Sofwan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan, Strategi Pembelajaran Think-Talk Write Masalah dalam pembelajaran disekolah dasar rendahnya kemampuan menulis karangan peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebab kurangnya perhatian peserta didik menyebabkan lemahnya kemampuan peserta didik dalam teknik menulis karangan. Strategi pembelajaran adalah strategi pembelajaran yaitu perencanaan kegiatan dalam proses pembelajaran yang bersifat untuk mempermudah, lebih efektif, dan supaya dapat mencapai tujuan yang akan dicapai. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 80/I Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan II siklus.setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan diikuti oleh 22 siswa yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 80/I Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan, strategi Think-Talk-Write dilaksanakan dengan melalui proses berfikir, berbicara, dan menulis kemudian siswa menulis karangan dilembar tugas menulis karangan. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan belajar terlihat dari nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 9.86 pada siklus I (kondisiawal 62.14 meningkat menjadi 70.00).dan sebesar 7,36 pada siklus II (kondisi awal 70.00meningkat menjadi 77,36). Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 45% pada Siklus I (kondisi awal 18% meningkat menjadi 64%) dan sebesar 22,7% pada Siklus II (kondisi awal 64% meningkat menjadi 86%). Maka dapat disimpulkan bahwa dengen menggunakan strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan peserta didik dalam belajar. Penulis sarankan agar menggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ANIS WIDANINGSIH
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:07
Last Modified: 07 Feb 2018 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item