KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA SMPN 3 BATANGHARI

PRATAMADANI, EDO KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA SMPN 3 BATANGHARI. KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA SMPN 3 BATANGHARI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL EDO.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Pratama dani .Edo .2017.” Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batanghari Menggunakan Media Gambar tahun Ajaran 2017/2018”. Kata Kunci ; Kemampuan, Menulis Puisi, Media Gambar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 3 Batanghari berdasarkan media gambar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan jumlah data pada pembelajaran menulis puisi sehingga data tersbut diperoleh dengan sistematis. Metode dalam penelitian ini adalah observasi dilakukan penulis yaitu mengamati secara langsung objek yang diteliti oleh siswa dalam menulis puisi dengan melihatlangsung dalam kegiatan pembelajaran sehinggat tidak mempengaruhi jalannya proses belajar-mengajar. Kemudian, menggunakan metode tes. Metode tes dalam penelitian ini adalah cara memperoleh data yang berbentuk suatu tugas yang harus dikerjakan oleh siswa menggunakan tes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya dengan tujuan mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti , dapat diketahui deskripsi nilai rata-rata yang diperoleh menulis puisi siswa SMPN 3 Batanghari menggunakan media gambar tahun ajaran 2017 tergolong cukup dengan nilai rata-rata 73,9. Hal ini dapat dilihat dengan hasil pengolahan nilai yang dilakukan peneliti kepada siswa dengan unsur tema, diksi, majas, dan amanat tergolong cukup. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan menulis puisi dapat nenemukan motivasi bagi siswa dalam memahami pembelajaran puisi di sekolah dapat merangsang siswa dengan melihat gambar. Kemudian tema yang diambil dalam puisi tersebut untuk memberikan penguasaan materi pada siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui persentase dari unsur tema, tergolong kriteria mampu dengan interval persentase 88,3, unsur diksi tergolong kriteria kurang mampu dengan interval persentase 69,3, unsur majas tergolong kriteria kurang mampu dengan interval persentase 65,7 dan unsur amanat tergolong kriteria cukup dengan interval 72,5. Bagi siswa diharapkan dalam pembelajaran menulis puisi sebaiknya lebih giat dalam mengasah kemampuan menulis puisi menggunakan media gambar dengan cara berlatih menulis puisi dengan baik. Kesimpulan yang di dapat dalam penelitian ini secara keseluruhan telah mampu meningkatkan ketercapaian siswa dalam memahami unsur menulis puisi siswa kelas VIII.8 SMPN 3 Batanghari tahun ajaran 2017/2018.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: EDO PRATAMA DANI
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:21
Last Modified: 07 Feb 2018 08:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item