PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PROKRASKTINASI AKADEMIK SISWA DI SMPN 17 KOTA JAMBI

JAYANTO, AYOM (2022) PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PROKRASKTINASI AKADEMIK SISWA DI SMPN 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
1. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2. cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
3. persetujuan, pengesahan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5. bab 1.pdf

Download (317kB)
[img] Text
6. bab 5.pdf

Download (289kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

kecanduan game online adalah proses keadaan ketergantugan individu dalam bermain game online, dari segi jumlah waktu dan intensitas bermain yang menimbulkan pengaruh bagi si pemain tersebut. Dalam diri siswa kecanduan game online marak terjadi dan mengakibatkan siswa seringkali melalaikan tugas dan menunda-nunda pekerjaan yang berkaitan dengan pembelajaran akademiknya, kondisi ini sering disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik. tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan adanya pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP N 17 Kota Jambi. Pada penelitian ini akan membahas tentang kecanduan game online yang dilihat dari a) Compulsion (dorongan), b)Withdrawal(penarikan diri), Tolerance(toleransi), Interpersonal and health-related dan perilaku prokrastinasi akademik yang dapat diketahui dari, a) Precived time (gagal menepati deadline), b)Intention action gap (celah antara keinginan & perilaku),b) Emotional distress(perasaan cemas), c)Perceived ability, d)keyakinan terhadap kemampuan). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey.Data diperoleh dari siswa SMP N 17 Kota Jambi kelas VIII A-G. Yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan acuan persen dari rumus intrapolasi, dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 79 siswa. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan dengan sistem shift, yang terdiri dari pernyataan variabel kecanduan game online (X) dan pernyataan perilaku prokrastinasi akademik (Y). Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 2.5. Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik di SMP N 17 Kota Jambi kategori cukup kuat. variabel kecanduan game online (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Perilaku Prokrastinasi Akademik (Y). di lihat dari tabel ANOVA diketahui bahwa nilai Sig 0,003 jadi 0,003<0, Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecanduan game online (X) terhadap variabel Perilaku Prokrastinasi Akademik (Y). Kata Kunci: kecanduan game online adalah proses keadaan ketergantugan individu dalam bermain game online, dari segi jumlah waktu dan intensitas bermain yang menimbulkan pengaruh bagi si pemain tersebut. Dalam diri siswa kecanduan game online marak terjadi dan mengakibatkan siswa seringkali melalaikan tugas dan menunda-nunda pekerjaan yang berkaitan dengan pembelajaran akademiknya, kondisi ini sering disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik. tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan adanya pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP N 17 Kota Jambi. Pada penelitian ini akan membahas tentang kecanduan game online yang dilihat dari a) Compulsion (dorongan), b)Withdrawal(penarikan diri), Tolerance(toleransi), Interpersonal and health-related dan perilaku prokrastinasi akademik yang dapat diketahui dari, a) Precived time (gagal menepati deadline), b)Intention action gap (celah antara keinginan & perilaku),b) Emotional distress(perasaan cemas), c)Perceived ability, d)keyakinan terhadap kemampuan). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey.Data diperoleh dari siswa SMP N 17 Kota Jambi kelas VIII A-G. Yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan acuan persen dari rumus intrapolasi, dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 79 siswa. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan dengan sistem shift, yang terdiri dari pernyataan variabel kecanduan game online (X) dan pernyataan perilaku prokrastinasi akademik (Y). Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 2.5. Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik di SMP N 17 Kota Jambi kategori cukup kuat. variabel kecanduan game online (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Perilaku Prokrastinasi Akademik (Y). di lihat dari tabel ANOVA diketahui bahwa nilai Sig 0,003 jadi 0,003<0, Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecanduan game online (X) terhadap variabel Perilaku Prokrastinasi Akademik (Y). Kata Kunci: Kecanduan Game Online, Perilaku Prokrastinasi Akademik

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online adalah proses keadaan ketergantugan individu dalam bermain game online, dari segi jumlah waktu dan intensitas bermain yang menimbulkan pengaruh bagi si pemain tersebut. Dalam diri siswa kecanduan game online marak terjadi dan mengakibatkan siswa seringkali melalaikan tugas dan menunda-nunda pekerjaan yang berkaitan dengan pembelajaran akademiknya, kondisi ini sering disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik. tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan adanya pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa SMP N 17 Kota Jambi. Pada penelitian ini akan membahas tentang kecanduan game online yang dilihat dari a) Compulsion (dorongan), b)Withdrawal(penarikan diri), Tolerance(toleransi), Interpersonal and health-related dan perilaku prokrastinasi akademik yang dapat diketahui dari, a) Precived time (gagal menepati deadline), b)Intention action gap (celah antara keinginan & perilaku),b) Emotional distress(perasaan cemas), c)Perceived ability, d)keyakinan terhadap kemampuan). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey.Data diperoleh dari siswa SMP N 17 Kota Jambi kelas VIII A-G. Yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan acuan persen dari rumus intrapolasi, dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 79 siswa. Data diambil menggunakan angket secara langsung turun ke lapangan dengan sistem shift, yang terdiri dari pernyataan variabel kecanduan game online (X) dan pernyataan perilaku prokrastinasi akademik (Y). Kemudian data diolah menggunakan SPSS versi 2.5. Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik di SMP N 17 Kota Jambi kategori cukup kuat. variabel kecanduan game online (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Perilaku Prokrastinasi Akademik (Y). di lihat dari tabel ANOVA diketahui bahwa nilai Sig 0,003 jadi 0,003<0, Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecanduan game online (X) terhadap variabel Perilaku Prokrastinasi Akademik (Y). Kata Kunci: Kecanduan Game Online, Perilaku Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: JAYANTO
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:02
Last Modified: 28 Mar 2022 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32325

Actions (login required)

View Item View Item