SINTIA, MESA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 13 KERINCI. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 13 KERINCI. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL MESA.pdf Download (269kB) |
Abstract
ABSTRAK Sintia, Mesa. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 13 Kerinci. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (1) Dr. Kamaruddin, M. Pd., (2) Hj. Dr. Nazurty, M. Pd. Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair and Share, Kemampuan Menulis Pantun. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajara think pair and share berpengaruh terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas XII IPA SMA Negeri 13 Kerinci. Dalam rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 13 Kerinci. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sehingga sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari hasil pretest dan posttest siswa yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajara think pair and share dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen sebesar 65,20 dan rata-rata pretest kelas kontrol ialah 61,50. Rata-rata posttest siswa kelas eksperimen sebesar 83,30, sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol ialah 74,20. Hasil uji one sample t test kelas eksperimen diperoleh P-value/Sig. = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat peningkatan skor yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen. Hasil uji one sample t test kelas kontrol diperoleh P-value/Sig. = 0,002 < 0,05, yang berarti terdapat peningkatan skor yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas kontrol. Hasil uji statistik independent sample t test posttest kelas eksperimen dan kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas XII IPA SMA Negeri 13 Kerinci, karena hasil yang diperoleh dari nilai signifikansinya kurang dari 0,05, yakni nilai Sig. = 0,01 < 0,05.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | MESA SINTIA |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 08:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 08:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |