Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Silviyanti, Afni (2022) Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa Kelas II Sekolah Dasar. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
COVER JUDUL HALAMAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Silviyanti, Afni. 2022. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa Kelas II Sekolah Dasar: Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar, Jurusan Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Pembimbing II Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : metode bernyanyi, kepercayaan diri, sekolah dasar Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi metode bernyanyi dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas II dan (2) mengetahui dampak implementasi metode bernyanyi dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dan penelitian fenomologi adalah sebuah penelitian yang mengidentifikasikan hakikat dari pengalaman manusia. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa deskripsi atau narasi verbal mengenai implementasi metode bernyanyi oleh guru dalam membentuk kepercayaan diri siswa kelas II di SDN 49/IV Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas II dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa narasi mengenai penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran di kelas rendah. Metode bernyanyi dilakukan pada kegiatan pendahuluan dan inti yang dimana pada beberapa lagu menggunakan gerakan tubuh. Pemilihan lagu disesuaikan dengan materi pembelajaran. Penerapan metode bernyanyi memberikan dampak pada pembentukan kepercayaan diri siswa. Siswa merasa antusias dalam menyambut pembelajaran, siswa berani untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru, berani menanya, antusias untuk tampil di depan kelas maupun mengerjakan tugas didepan kelas, dan bersemangat dalam menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Sehingga indikator percaya diri tercapai dengan metode bernyanyi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bernyanyi di kelas II di SDN 49/ IV Kota Jambi pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 1, 3, dan 4 dapat membentuk kepercayaan diri siswa. Metode bernyanyi membuat munculnya semangat, gairah, antusias, dan keaktifan serta rasa nyaman dalam pembelajaran sehingga rasa percaya diri terbentuk.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Silviyanti
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:04
Last Modified: 28 Mar 2022 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32341

Actions (login required)

View Item View Item