Analisis Tindak Tutur Direktif Antara Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra

Widiyarti, Handayani Eka (2022) Analisis Tindak Tutur Direktif Antara Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cver.pdf

Download (23kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Widiyarti, Handayani Eka. 2022. Analisis Tindak Tutur Direktif Antara Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi : Suatu Kajian Pragmatik. Skripsi. Jambi : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi Penelitian ini membahas tentang jenis-jenis dan makna pragmatik tindak tutur direktif guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif dan makna tindak tutur direktif guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan deskripsi objektif tentang tuturan guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Dalam penelitian ini ditemukan berbagai jenis dan makna tindak tutur direktif guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis-jenis tindak tutur direktif yang ditemukan yakni, tindak tutur direktif permintaan, tindak tutur direktif perintah, tindak tutur direktif pertanyaan, tindak tutur direktif larangan, tindak tutur direktif nasihat, dan tindak tutur direktif pemberian izin. Dilihat dari data yang telah dikumpulkan jenis tindak tutur direktif yang paling dominan muncul adalah tindak tutur direktif perintah dan tindak tutur pertanyaan. Adapun makna yang ditemukan dalam tuturan baik secara langsung maupun tidak langsung yakni, mengartikan tuturan yang ada sehingga prnutur dan mitra tutur dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan lancar. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, untuk memahami maksud dari suatu tuturan, baik penutur maupun mitra tutur harus mampu memahami konteks situasi tuturan yang mendasari tuturan tersebut. Dengan demikian, komunikasi yang terjadi antara penutur dan mitra tutur akan dikatakan berhasil dan tidak menimbulkan kesalahan dalam penafsiran maksud tuturan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Direktif, SMP, Tindak Tutur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: WIDIYARTI
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:48
Last Modified: 29 Mar 2022 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32349

Actions (login required)

View Item View Item