Strategi Guru Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar

Angreska, Refa (2022) Strategi Guru Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN & PERSETUJUAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru mengembangkan sikap peduli lingkungam pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 01/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk medeskripsikan segala bentuk strategi yang dilakukan oleh subjek penelitian yaitu guru kelas IIA, IIIE dan guru pada bidang studi TIK yang merupakan tim adiwiyata, pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas data yaitu Triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Pertama, melalui integrasi dalam program pengembangan diri yang terdiri dari Kegiatan rutin sekolah yaitu gotong royong, piket kelas, operasi semut, memeriksa kebersihan badan dan kelas sebelum memulai pelajaran. Selanjutnya yaitu melalui keteladanan, dalam hal ini guru menjadi teladan atau contoh bagi siswa dalam mencerminkan sikap peduli lingkungan. Kemudian kegiatan spontan yaitu melalui teguran yang diberikan guru apa bila ada siswa yang berperilaku kurang baik di lingkungan sekolah. Selanjutnya yaitu pengkondisian yang berupa sarana dan prasarana yang ada di sekolah untuk menunjang kebersihan lingkungan. Kedua yaitu pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan nilai-nilai karakter diintegrasikan pada tiap mata pelajaran yang bisa di cantumkan dalam silabus maupun RPP. Ketiga yaitu pengintegrasian dalam budaya sekolah yang meliputi program bebas sampah plastik, sekolah ramah anak, penghijauan, gotong royong, dan kegiatan daur ulang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Angreska
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:22
Last Modified: 29 Mar 2022 03:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item