PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA MATERI GETARAN HARMONIS

Akbar, Imam (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA MATERI GETARAN HARMONIS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (478kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Akbar, Imam. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Virtual Laboratory Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Getaran Harmonis: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nehru, S.Si., M.T., (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Si. Kata Kunci: PBL, Virtual Laboratory, Getaran Harmonis, Kemampuan Pemecahan Masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model problem based learning berbantuan virtual laboratory dan untuk mengetahui skor peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diberikan perlakuan pada materi getaran harmoni. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan pendekatan kuantitatif.. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pre-test-Post-test Design. Sampel yang digunanakan dalam penelitian ini berjumlah siswa 30 orang yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Dimana semua sampel tersebut menjadi kelompok eksperimen sesuai dengan desain penelitian yang peneliti gunakan. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes yang berupa soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan nilai mean pre-test yaitu 2,885 dan post-test 7,607, dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,68. Uji normalitas menghasilkan nilai sig. 0,066 untuk pre-test dan sig. 0,098 untuk post-test. Uji paired sample t test menghasilkan nilai dibawah taraf 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan virtual laboratory dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi getaran harmonis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AKBAR
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:41
Last Modified: 30 Mar 2022 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32378

Actions (login required)

View Item View Item