Sulistiaty, Mega Larasukma (2022) PENGARUH LAYANAN INFORMASI BERBASIS APLIKASI FOCUSKY UNTUK MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING SISWA SMPN 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, BIMBINGAN DAN KONSELING.
![]() |
Text
skripsi full_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
cover Skripsi.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
pengesahan dan persetujuan.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
Abstract
Didalam proses pembelajaran, siswa memerlukan kemampuan pemecahan masalah atau yang disebut Problem solving skill, agas siswa dapat mengatur dan nenyelesaikan permasalahan dalam belajar. Pada siswa SMP N 17 Kota jambi perlu di tingkatkan lagi kemampuan problem solving karena ada masa sekolah menegah pertama adalah saat yang baik dalam mengembangkan kemampuan dalam pemecahan masalah baik dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari . Melalui wadah bimbingan dan konseling kemampuan problem solving siswa dapat ditingkatkan dengan layana informasi terdapat beberapa metode yang bias digunakan dan diterapkan dalam pelaksanaan layanan salahsatunya yaitu menggunakan media elektronik salahsatunya adalah focusky. Berupa tampilan slide show berbasis online yang menyajian tampilan layanan informasi menjadi lebih menarik. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Eksperimental dalam rancangann Intecg-group comparision. Intecg-group comparision. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah tentang meningkatkan kemampuan problem solving siswa maka peneliti mengambil 2 kelas atau kelompok sebagai sampel. Berdasarkan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria permasalahan dan didapatlah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas control. Dilihat dari hasil post-test pada kelompok eksperimen menggunakan aplikasi focusky berada pada rata-rata nilai 83,00 dan hasil post-test kelompok kontrol pada nilai 78,03 sehingga mengalami peningkatan sebesar 3,97% pada kelompok eksperimen .kemudian pada nilai sig. (2-tailed) yakni 0,00 < 0,05, dimana Thitung 3,965 > 2,006 Ttabel pada derajat kebebasan 64(66-2) pada tingkat kepercayaan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kemampuan problem solving dalam belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Ho ditolak dan Ha diterima yang memiliki arti terdapat pengaruh layanan infromasi menggunakan aplikasi focusky dalam meningkatken kemampuan problem solving siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SULISTIATY |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:05 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |