Peran Guru Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Maskanah, Hesti and Kuntarto, Eko and Zahyuni, Violita Peran Guru Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)

Abstract

ABSTRAK Maskanah, Hesti.2022. Peran Guru Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp.Eng., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Nasionalisme Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini di SDN NO. 34/1 Teratai, Muara Bulian.Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis metode penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V C. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsaan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V sekolah dasar berfokus pada peran guru mengembangkan sikap nasionalisme melalui 1) guru sebagai pendidik dalam mengembangkan sikap nasionalisme, (2) guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (3) guru sebagai model dan tauladan dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (4) guru sebagai motivator dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (5) guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (6) bentuk-bentuk perwujudan sikap nasionalisme siswa, seperti sikap persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, rela berkorban, toleransi, bangga sebagai bangsadan bertanah air Indonesia, dan disiplin.

Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MASKANAH
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:08
Last Modified: 25 Apr 2022 05:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item