Maskanah, Hesti and Kuntarto, Eko and Zahyuni, Violita Peran Guru Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (164kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (369kB) |
Abstract
ABSTRAK Maskanah, Hesti.2022. Peran Guru Mengembangkan Sikap Nasionalisme pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp.Eng., (II) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Nasionalisme Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini di SDN NO. 34/1 Teratai, Muara Bulian.Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis metode penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V C. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsaan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru mengembangkan sikap nasionalisme pada siswa kelas V sekolah dasar berfokus pada peran guru mengembangkan sikap nasionalisme melalui 1) guru sebagai pendidik dalam mengembangkan sikap nasionalisme, (2) guru sebagai fasilitator dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (3) guru sebagai model dan tauladan dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (4) guru sebagai motivator dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (5) guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan sikap nasionalisme; (6) bentuk-bentuk perwujudan sikap nasionalisme siswa, seperti sikap persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, rela berkorban, toleransi, bangga sebagai bangsadan bertanah air Indonesia, dan disiplin.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MASKANAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 05:08 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 05:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32426 |
Actions (login required)
View Item |