PENGGUNAAN KOMIK PADA PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN 2017

NURVIANTI, INA PENGGUNAAN KOMIK PADA PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN 2017. PENGGUNAAN KOMIK PADA PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN 2017. (Submitted)

[img] Text
Ina Nurvianti - Artikel.pdf

Download (217kB)

Abstract

Abstrak Penggunaan komik sebagai media pembelajaran mempunyai peranan yang penting. Ini telah dinyatakan oleh Hadi (2011) yang mengembangkan media komik pembelajaran fisika untuk materi fluida statis. Pengertian komik sendiri merupakan media komunikasi visual karena komik hanya berupa gambar yang dilengkapi dengan tulisan dan dilengkapi oleh lambang atau simbol-simbol yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi, sedangkan penguasan konsep adalah kemampuan mengungkapkan makna suatu konsep yang meliputi kemampuan membedakan, menjelaskan, menguraikan, lebih lanjut dan mengubah konsep. Media komik buatan mahasiswa UNJA ini baru sampai pada tahap pengembangan. Sehingga, dengan itu penelitian ini melanjutkan ketahap implementasinya. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental design, adapun desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent control Group desaign. Sampel uji coba menggunakan dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (treatment Group) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (control group), pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan komik buatan mahasiswa UNJA sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMA Negri 2 Kota Jambi yang homogen berdasarkan uji Levene. Pada hasil uji t menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan hasl uji t diperoleh t hitung -2.973 < t tabel -1.987. Ini berarti Ho ditolak yang artinya Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan penguasaan konsep siswa yang menggunakan media komik lebih baik dari pada kelas yang tidak menggunakan komik pada konsep fluida statis dengan kelas yang tidak menggunakan media komik. Kata Kunci : Penguasaan Konsep, Komik, Fluida Statis

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: INA NURVIANTI
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:11
Last Modified: 12 Feb 2018 01:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3244

Actions (login required)

View Item View Item