Purwadi, Fery andri (2022) Implementasi Nilai Karakter Sri Sultan Hamengkubuwono IX Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 8 SMA N 8 Kota Jambi (Fery Andri Purwadi A1A218048). S1 thesis, Pendidikan sejarah.
![]() |
Text
pdf cover.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
hal pengesahan.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
bab 1 skrip.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
bab 5 skrip.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka skrip.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
Skripsi Yudisium full fery.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
Abstract
ABSTRAK Purwadi, Fery Andri. 2022. Implementasi Nilai Karakter Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kela XI IPS 8 SMA N 8 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd. Pembimbing (2) Nelly Indrayani,S.Hum.,M.Hum. Sejarah identik dengan tokoh-tokoh nasional dan daerah yang dapat membentuk karakter pada siswa untuk dapat memahami dan mendalami nilai kebangsaan serta menanamkan masa depan yang penuh dengan tantangan. Namun masih banyak sekolah yang belum mengimplementasikan nilai karakter tokoh nasional dalam pembelajaran. Terdapat banyak tokoh nasional di Indonesia salah satunya Sri Sultan HB IX. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada siswa SMA N 8 Kota Jambi banyak ditemukan karakter yang kurang baik hal ini tentunya akan sangat baik bagi kehidupan pendidikan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter Sri Sultan HB IX dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 8 SMA N 8 Kota Jambi, mulai dari perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran serta hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan berupa naturalistik. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi nilai karakter Sri Sultan HB IX dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 8 SMA N 8 Kota Jambi adalah (1) hasil wawancara terdapat 4 nilai karakter Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang diimplementasikan diantaranya kepemimpinan, nasionalis, toleransi, dan rendah hati. (2) Hasil penelitian terdapat 4 karakter yang diimplementasikan sesuai dengan Kompetensi Dasar yaitu menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sedangkan Kompetensi Inti yaitu menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Nilai-nilai karakrer diantaranya kepemimpinan yaitu agar siswa memiliki jiwa pemimpin, nasionalis yaitu agar siswa dapat menghargai perjuangan para pahlawan nasional, toleransi, yaitu agar siswa dapat menghargai adanya perbedaan suku, agama, budaya, adat istiadat, rendah hati, yaitu agar siswa memilik sikap dan rasa tolong menolong dan tidak angkuh. (3) hasil kuesioner, menunjukkan tingkat implementasi nilai-nilai karakter Sri Sultan HN IX dalam pembelajatan sejarah siswa kelas XI IPS 8 SMA N 8 Kota Jambi 4,15 (Baik). Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat nilai karakter Sri Sultan HB IX yang diterapkan di pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 8 SMA N 8 Kota Jambi diantaranya nilai kepemimpinan, nasionalis, toleransi, dan rendah hati Kata Kunci: Implementasi nilai karakater, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Pembelajaran Sejarah
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | PURWADI |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:21 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |