Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi

HUSNA, ROBIATUL Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
artikel ilmiah robi.pdf

Download (559kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi Nama : Robiatul Husna NIM : ERAID012038 Pembimbing Skripsi I : Dr.Akmal Sutja,M.Pd Pembimbing Skripsi II : Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Siswa Peran orang tua dikeluarga dalam menumbuhkan motivasi belajar adalah ikut membantu menciptakan suasana rumah yang kondusif untuk belajar. Suasana rumah dimaksudkan sebagai situasi atau kejadian-kejadian yang sering terjadi di dalam keluarga dimana anak berada dan belajar. Suasana rumah yang gaduh atau ramai dan pola kepemimpinan orang tua yang kurang mendukung tidak akan memberi ketenangan kepada anak dalam belajar. Namun demikian tidak semua orang tua mampu menerapkan sikapnya sesuai dengan situasi yang mendukung motivasi belajar anak-anaknya. Sebagian besar orang tua sadar atau tidak, kurang memperhatikan akan sikap kepemimpinan dan pola asuh terhadap anaknya yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anaknya. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pola asuh terhadapmotivasi belajar siswa, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ; “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi ”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain: tujuan penelitian ini adalah : 1.Tujuan penelitian secara umum : a) Untuk mengungkap pengaruh pola asuh orang tua terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi. 2. Tujuan penelitian secara khusus : a) Untuk mengungkap pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi, b) Untuk mengungkap pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi. c) Untuk mengungkap pengaruh pola asuh orang tua permisive terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Jambi khususnya pada kelas VII. Pendekatan ini menggunakan metode pendekatan expost facto dengan jumlah sampel 89 siswa. Berdasarkan hasil uji regresiditemukanTerdapat pengaruhpengaruh pola asuh orang tua terhadapterhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi sebesar 0,811 hal ini menunjukkan bahwa sebesar 81.1% motivasi belajar (Y) dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sedangkan sisanya sebesar 18.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik pola asuh orang tua maka semakin baik motivasi belajar siswa, dan pada akhirnya prestasi belajar siswa meningkat. Secara khusus ditemukan a) Terdapat pengaruhpola asuh orang tua otoriter terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi sebesar sebesar 38.8.0% sedangkan sisanya (61.2%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. b) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua demokratis terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi sebesar sebesar 16.2% sedangkan sisanya (83.8%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. c) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua permisif terhadap terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 14 Kota Jambi sebesar 22.4% sedangkan sisanya (77.6%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian Kesimpulan dari hasil penelitian maka ditemukan lebih besar pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Jambi karena dengan adanya pola asuh orang tua yang otoriter mengakibatkan secara lansung motivasi belajar semakin meningkat

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROBIATUL HUSNA
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:11
Last Modified: 12 Feb 2018 01:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item