PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

AMINAH, SITI PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
Jurnal Siti Aminah.pdf

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aminah. 2017. “Pengaruh Lingkungan belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Joni Afri, M.Pd Kata Kunci: Lingkungan belajar, Prestasi Belajar Berdasarkan hasil pengamatan lapangan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi masih banyak masih ada siswa yang tidak menyapa guru ketika betemu, masih ada siswa yang kurang memiliki hubungan dengan temannya, ruang tempat belajar siswa belum tersusun rapi, masih ada fasilitas kelas yang belum lengkap serta dari observasi tersebut masih terlihat ruang dan tempat belajar yang kurang nyaman, fasilitas di ruang kelas belum lengkap, ruang perpustakaan masih kurang nyaman di gunakan serta kelengkapan buku yang belum terpenuhi bagi siswa. Dengan adanya permasalahan tersebut apakah memiliki terkaitan terhadap prestasi belajar siswa, dilihat dari prestasi belajar masih ada yang di bawah standar ketuntasan, prestasi belajar siswa yang di peroleh sangat membutuhkan dorongan baik dari guru dan lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA N 2 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan postest group design. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 2 kelas yaitu 65 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji normalitas lingkungan belajar harga Lhitung ˂ Ltabel, L hitung 0.0946 < dari L tabel 0.1098. Pada taraf 0.05 ini berarti data angket lingkungan belajar belajar siswa berdistribusi normal. Dari angket prestasi belajar harga Lhitung ˂ Ltabel, L hitung 0.1090< dari L tabel 0.1098. Pada taraf 0.05 ini berarti data angket prestasi belajar belajar siswa berdistribusi normal. Dari hasil analisis uji homogenitas variansi dengan uji F diatas terlihat Fhitung = 2.87 dan Ftabel = 3,15. Karena Fhitung ˂ Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki variansi yang homogen pada α = 0,5, thitung = 30.2891 dan ttabel = 1,6449 dengan dk = (65+65-2) = 128. Kriteria pengujian terima . Kriteria pengujian terima H0 jika thitung ˂ t(0,95). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Muaro Jambi. Setelah dilakukan penelitian diketahui Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 2 Muaro Jambi pada taraf kepercayaan 95%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI AMINAH
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:11
Last Modified: 12 Feb 2018 01:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item